Kamis 28 Oct 2021 11:01 WIB

Kesadaran Nelayan Jepara Pakai jaket Pelampung Meningkat

Bantuan jaket pelampung cukup banyak untuk nelayan Jepara.

Kesadaran Nelayan Jepara Pakai jaket Pelampung Meningkat. Nelayan menyandarkan perahunya di Pantai Sekembu, Mulyoharjo, Jepara, Jawa Tengah.
Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho
Kesadaran Nelayan Jepara Pakai jaket Pelampung Meningkat. Nelayan menyandarkan perahunya di Pantai Sekembu, Mulyoharjo, Jepara, Jawa Tengah.

IHRAM.CO.ID, JEPARA -- Kesatuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah mencatat kesadaran nelayan setempat melengkapi diri dengan alat keselamatan saat melaut, khususnya jaket pelampung (life jacket) semakin meningkat.

"Bantuan jaket pelampung cukup banyak mulai dari Polres Jepara, PLTU, serta PLN hingga instansi lain yang juga peduli terhadap keselamatan nelayan," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Kepolisian Resor Jepara Iptu Lukman Fuadi, Kamis (28/10).

Baca Juga

Untuk itu, kata dia, tidak ada alasan bagi nelayan tidak memakai jaket pelampung saat melaut karena sudah diberikan bantuan alat keselamatan saat melaut. Adanya pendekatan terhadap para nelayan serta tidak pernah berhenti mengingatkan mereka agar selalu membawa jaket pelampung, akhirnya ada perkembangan.

Sudah banyak nelayan yang mematuhi aturan saat melaut melengkapi diri dengan alat keselamatan. Jika nelayan mematuhi aturan untuk selalu membawa jaket pelampung, kata dia, ketika terjadi laka laut, maka peluang selamat masih cukup besar karena bisa mengapung lebih lama.

"Nelayan yang ditemukan hanya mengandalkan jerigen maupun sterefoam yang bisa mengapung di air sudah diingatkan bahwa jaket pelampung jauh lebih menjamin keselamatan ketika terjadi kecelakaan di laut daripada benda lain ketika kapal tenggelam atau terbalik," ujarnya.

Upaya mengingatkan nelayan, kata dia, tidak hanya saat melakukan patroli, melainkan saat ada pertemuan dengan para nelayan. Ia mengakui masih ada nelayan yang tidak membawa jaket pelampung saat melaut dengan berbagai alasan meski sudah memiliki jaket pelampung. Lukman berharap organisasi nelayan juga ikut serta mengingatkan. Pemilik kapal juga diminta peduli dengan keselamatan anak buah kapalnya dengan membelikannya jaket pelampung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement