Jumat 29 Oct 2021 11:05 WIB

Dua Menteri Muslim di Kabinet Baru Kanada

PM Kanada menunjuk dua menteri Muslim dalam kabinet barunya

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Menteri Perumahan dan Keanekaragaman dan Inklusi, Ahmed Hussen
Foto: Fred Chartrand /The Canadian Press via AP
Menteri Perumahan dan Keanekaragaman dan Inklusi, Ahmed Hussen

IHRAM.CO.ID, OTTAWA -- Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menunjuk dua menteri Muslim dalam kabinet barunya, yang diumumkan pada Selasa (26/10). Pemimpin dari Partai Liberal ini mengumumkan kabinet barunya menjelang dibukanya kembali parlemen pada 22 November 2021 mendatang.

Reuters melaporkan, Omar Alghabra tetap menjadi Menteri Transportasi, sedangkan Ahmed Hussen menjadi Menteri Perumahan dan Keanekaragaman dan Inklusi.

"Warga Kanada membutuhkan Kabinet yang kuat dan beragam untuk memenuhi prioritas mereka dan membuat Kanada terus maju untuk semua orang," kata Trudeau kepada wartawan pada Selasa sore, dilansir di laman About Islam, Kamis (28/10).

Trudeau mengatakan, tim tersebut akan menyelesaikan perjuangan melawan Covid-19, memberikan penitipan anak senilai 10 dolar per hari, membantu warga Kanada menemukan rumah mereka sendiri, mengatasi krisis iklim, dan terus memajukan rekonsiliasi dengan masyarakat pribumi.

 

"Bersama-sama, kami akan bekerja tanpa lelah untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua warga Kanada," tambahnya.

Di halaman Facebooknya, Hussen mengungkapkan rasa hormatnya atas pengangkatan dirinya untuk jabatan tersebut.

"Merasa terhormat untuk terus melayani warga Kanada di Kabinet sebagai Menteri Perumahan dan Keanekaragaman dan Inklusi. Dengan Kementerian Perumahan yang berdedikasi, kami akan terus mempermudah warga Kanada untuk menemukan tempat yang terjangkau untuk panggilan pulang & mengakhiri tunawisma kronis. Ayo terus bekerja!" tulis Hussen di Facebooknya.

"Pekerjaan membangun Kanada yang beragam dan inklusif membutuhkan pendekatan pemerintah secara menyeluruh. Mari lebih berani, lebih kuat, dan tabah dalam perjuangan untuk mengakhiri kebencian dan rasisme. Kita harus melakukan ini bersama-sama," tambahnya.

Alghabra juga membagikan pesan serupa di twitter.

"Negara kita memiliki masa depan yang cerah! Saya merasa terhormat untuk terus melayani warga Kanada sebagai Menteri Transportasi. Karena sektor transportasi terus berkembang & berinovasi, pemerintah kami akan ada di sana untuk terus bekerja keras untuk Anda," tulisnya.

Salah satu penunjukan utama dalam kabinet 39 menteri adalah anggota parlemen Oakville, Anita Anand, yang menjadi wanita kedua dalam sejarah Kanada yang mengambil peran sebagai menteri Pertahanan, setelah mantan perdana menteri Kim Campbell pada 1990-an.

Tim yang beranggotakan 38 orang memiliki jumlah pria dan wanita yang sama. Kabinet sebelumnya memiliki Maryam Monsef sebagai menteri Muslim ketiga bersama dengan Hussen dan Alghabra. Namun, Monsef kehilangan kursinya dalam pemilihan September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement