Pemain Rugby Muslim Berharap Dapat Menginspirasi Muslim Lain

Sabtu , 30 Oct 2021, 12:20 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Zainab Alema, wanita Muslim kulit hitam pertama yang mewakili Inggris di cabang olahraga rugby
Zainab Alema, wanita Muslim kulit hitam pertama yang mewakili Inggris di cabang olahraga rugby

IHRAM.CO.ID, LONDON – Sebagai wanita Muslim kulit hitam pertama yang mewakili Inggris di cabang olahraga rugby, perjalanan hidup Zainab Alema bisa menginspirasi orang lain khususnya saat peringatan Bulan Sejarah Hitam. Alema tidak hanya bekerja sebagai atlet, tetapi dia juga perawat dan seorang ibu.

 

Terkait

Dia berharap pencapaiannya bermain di tim nasional Inggris bisa menginspirasi orang. “Ini akan menjadi momen yang membuat sejarah dan pesan yang kuat kepada orang-orang, baik dari komunitas kulit hitam atau komunitas Muslim, atau ibu-ibu dan wanita karir,” kata Alema, dilansir About Islam, Sabtu (30/10).

Alema menjelaskan semua orang dari latar belakang mana pun bisa bermain rugby. Alema dinobatkan sebagai olahragawan berpengaruh Sunday Times tahun 2020 karena pengakuan atas dampak inspirasionalnya pada pemain wanita di seluruh Inggris, Ghana, dan Maroko.

Dikenal sebagai Zee, Alema bekerja di Layanan Kesehatan Nasional (NHS) sebagai perawat neonatal perawatan intensif di Rumah Sakit Chelsea & Westminster. Selain itu, ia juga pendiri badan amal rugby “Studs In The Mud” yang menyediakan peralatan dan dana untuk memungkinkan wanita bermain di tempat rugby.

“Saya selalu mengatakan saya bangga menjadi wanita kulit hitam, terutama di cabang olahraga rugby. Mudah-mudahan, itu akan sampai pada titik di mana kita tidak hanya merayakan Bulan Sejarah Hitam, tetapi ini adalah perayaan seumur hidup,” ujar dia.

Alema mengaku setiap sebelum pertandingan dimulai dan bahkan di tengah kesibukan latihannya, ia selalu menyempatkan diri untuk beribadah, sholat lima waktu. Dia tidak perlu khawatir soal tempat ibadah karena klub menyediakannya.

Lebih lanjut, Alema mengatakan ia berharap lebih banyak gadis dapat bergabung dengan olahraga rugby setelah pemerintah mendukung upaya Tim Nasional Uni Rugby Inggris (RFU) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Rugbi pada tahun 2025.

“Piala Dunia adalah peristiwa penting yang menyatukan negara. Itulah yang dimaksud dengan rugby. Rugby adalah tentang menyatukan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat. Saya benar-benar akan mendorong siapa pun untuk mendukung tawaran Piala Dunia Rugbi Inggris 2025,” tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini