Selasa 02 Nov 2021 18:18 WIB

Didiagnosis Kanker Prostat, SBY akan Jalani Perawatan di AS

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis kanker prostat.

Rep: Febrianto Adi Saputro, Rizky Suryandika/ Red: Agung Sasongko
Tangkapan layar Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono saat memberikan pesan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 melalui video, Selasa (17/8).
Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan layar Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono saat memberikan pesan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 melalui video, Selasa (17/8).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis kanker prostat. "Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata staf pribadinya Ossy Dermawan saat dikonfirmasi Republika, Selasa (2/11).

Ossy mengungkapkan berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY. 

Baca Juga

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ujarnya.

Ossy mengatakan komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani SBY. Selain itu SBY juga sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi terkait rencana berobat ke luar negeri. 

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," tuturnya.

"Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," imbuhnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement