Rabu 03 Nov 2021 14:00 WIB

Ketika Unta Menangis Melihat Rasulullah

Dalam riwayat, diceritakan ada seekor unta menangis saat melihat Rasulullah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Unta
Foto: fohn.net
Unta

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Syekh Aidh Al-Qarni dalam kitab Sentuhan Spiritual menjelaskan bahwa Rasulullah SAW merupakan pribadi yang berjiwa lembut dan berhati kasih. Dalam sebuah hadis, diriwayatkan tentang kisah seekor unta yang mengadu kepada Rasulullah SAW atas kesedihan yang menimpanya.

Nabi SAW memasuki salah satu kebun milik seorang Anshar, tiba-tiba seekor unta ketika melihat Nabi SAW meneteskan air mata. Nabi Muhammad SAW mendatanginya dan mengelus pundaknya hingga dia pun terdiam, Nabi bersabda, “Siapakah pemilik unta ini?”.

Baca Juga

Kemudian datanglah seorang pemuda dari Anshar dan berkata, “Wahai Rasulullah, unta ini milikku,”. Kemudian Nabi bersabda, “Tidakkah kau bertakwa kepada Allah pada binatang ini yang telah Allah berikan kepadamu, ia telah mengadu padaku bahwa kau menyakitinya dan memerasnya,”.

Syekh Aidh menekankan bahwa terdapat orang-orang Islam yang mengaku mencintai Rasulullah SAW namun tiada bukti perbuatan dari mereka yang membuktikan hal tersebut. Salah satu bukti kecintaan seorang Muslim kepada Rasulullah adalah dengan meniru sikap Nabi dan juga meneladani perangainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement