Sabtu 06 Nov 2021 06:10 WIB

Masjid Glasgow Pasang Panel Surya Hadapi Perubahan Iklim

Masjid Glasgow telah dipilih sebagai bagian dari inisiatif Masjid Hijau

Masjid Raya Glasgow
Foto: tripadvisor.com
Masjid Raya Glasgow

IHRAM.CO.ID, Oleh Umar Mukhtar

JAKARTA -- Masjid terbesar di Skotlandia, Masjid Pusat Glasgow, memasang instalasi panel surya pada Kamis (4/11) waktu setempat. Hal ini dilakukan untuk menurunkan emisi karbon dan mendorong tempat ibadah meningkatkan perjuangan mereka menghadapi perubahan iklim.

Inisiatif yang didanai oleh organisasi donor Islamic Relief dan diumumkan selama konferensi iklim COP 26, ini berbentuk 130 panel surya yang dipasang dengan tujuan mengurangi sekitar 18 ribu kg emisi CO2 per tahun.

Masjid Pusat Glasgow (Glasgow Central Mosque) telah dipilih sebagai bagian dari inisiatif Masjid Hijau oleh Greenpeace Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Langkah ini menjadi potensi besar dalam mengurangi emisi gas rumah kaca oleh masjid-masjid besar di seluruh dunia lewat instalasi panel surya, dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas.

Direktur Islamic Relief Inggris, Tufail Hussein mengatakan, upaya solarisasi gedung ikonik yang terletak tepat di seberang sungai tempat para pemimpin dunia bertemu di COP 26 ini seharusnya mendorong tindakan dalam skala global.

"Kami berharap hal ini memicu efek domino bagi berbagai tempat ibadah untuk mengurangi emisi mereka dan bertindak sebagai mercusuar dalam menghadapi perubahan iklim," kata dia dalam keterangan pers Ummah for Earth yang diterima, Jumat (5/11).

Dia melanjutkan, perubahan iklim sudah mendatangkan malapetaka yang menyebabkan kesengsaraan manusia. Jutaan orang kehilangan tempat tinggal, jutaan lainnya berada di ambang kelaparan karena gagal panen. "Dengan 80 persen dari dunia menganut suatu keyakinan, sangat penting bagi para pemimpin agama untuk mengambil sikap menentang perusakan terhadap planet kita," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement