Kamis 11 Nov 2021 05:35 WIB

Blue Wolf, Aplikasi yang Digunakan Israel Intai Palestina

Blue Wolf adalah teknologi smartphone yang menangkap gambar warga Palestina

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Tembok yang dibangun Israel untuk memisahanwilayah palestina yang didudukinya denganwilayah yang disebutkan sebagai terotorial Israel. Pembangunan tembok seperti ini sudah dilakukan sejak 20 tahun silam.
Foto: AP
Tembok yang dibangun Israel untuk memisahanwilayah palestina yang didudukinya denganwilayah yang disebutkan sebagai terotorial Israel. Pembangunan tembok seperti ini sudah dilakukan sejak 20 tahun silam.

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM – Sudah lama Israel mengintai dan mengawasi warga Palestina. Seiring berkembangnya teknologi, mereka menggunakan aplikasi canggih untuk menyaring warga Palestina di pos pemeriksaan militer.

Menurut laporan Washington Post pada Senin (8/11), untuk meningkatkan pengawasan baru, Israel menggunakan aplikasi Blue Wolf. Blue Wolf adalah teknologi smartphone yang menangkap gambar warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan mencocokkannya dengan database yang dijalankan oleh militer dan intelijen Israel.

Selama dua tahun terakhir, tentara Israel memotret warga Palestina, termasuk wanita, orang tua, dan anak-anak. Jumlah foto yang diambil dilaporkan mencapai ribuan. Bahkan, ada penawaran hadiah bagi tentara yang mengumpulkan foto warga Palestina terbanyak.

Bagaimana cara kerjanya?

Blue Wolf diprakarsai oleh tentara Israel pada tahun 2016 yang menggunakan teknologi pengenalan wajah, sensor, dan kamera untuk memantau warga Palestina di Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang diduduki. Blue Wolf dapat mengambil gambar dari smartphone dan mencari basis data.

Aplikasi tersebut memiliki sistem kode warna yang menunjukkan apakah orang yang difoto harus ditangkap atau diizinkan lewat. Kota Hebron di Tepi Barat yang diduduki dilaporkan menjadi target operasi pengintaian massal Israel.

Hebron dibagi menjadi dua wilayah, yaitu are H1 di bawah kendali administratif dan keamanan penuh dari Otoritas Palestina (PA) dan area H2 secara administratif dijalankan oleh PA tetapi dikendalikan oleh militer Israel.

Sekitar 40 ribu warga Palestina tinggal di H2 yang berdekatan dengan 800 pemukim Israel dan dipantau oleh 18 pos pemeriksaan militer Israel. Menurut Washington Post, bersama dengan tentara yang mengumpulkan foto menggunakan Blue Wolf, kamera pengintai telah dipasang setiap 300 kaki di area ini. Eks tentara Israel yang terlibat dalam proyek ini mengatakan sistem Blue Wolf di Hebron merupakan bentuk pelanggaran terhadap privasi warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement