Kamis 11 Nov 2021 05:05 WIB

 4 Ilmuwan Muslim Berpengaruh

Ilmuwan Muslim menjadi pionir dalam bidang studi tertentu.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
ilmuwan Muslim
Foto:

3. Al Biruni

Al-Biruni merupakan seorang sarjana dan ilmuwan dengan keahlian di bidang fisika, metafisika, matematika, geografi dan sejarah. Bukunya yang terkenal Qanun-i Masoodi berbicara tentang beberapa teorema astronomi, trigonometri, matahari, bulan, gerakan planet, dan topik terkait.

Bukunya yang terkenal lainnya yang disebut al-Athar al-Baqia, memberikan penjelasan tentang sejarah kuno bangsa-bangsa bersama dengan fakta-fakta geografis terkait. Bukunya ini membahas rotasi bumi, memberikan nilai lintang dan bujur yang benar untuk sejumlah tempat.

Di antara kontribusi ilmiahnya adalah fakta bahwa ia menentukan secara akurat kepadatan 18 batu yang berbeda. Dia juga menulis buku lain yang disebut Kitab-al-Saidana yang menggabungkan pengetahuan Arab tentang pengobatan pada waktu itu dengan pengobatan India. 

Al-Biruni sebelumnya telah mulai membahas apakah bumi berputar pada porosnya atau tidak. Eksperimen yang dilakukan oleh Al-Biruni yang dilakukan bersama dengan beberapa ilmuwan Muslim lainnya membentuk dasar awal ilmu pengetahuan modern. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement