Penjelasan Alquran tentang Cara Menyikapi Orang Bodoh

Jumat , 12 Nov 2021, 13:30 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Esthi Maharani
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Islam mengajarkan tentang bagaimana berperilaku baik kepada sesama manusia. Namun bagaimana jika seorang Muslim dihadapkan pada seorang yang bodoh? Dan bagaimana sebaiknya sikap kita kepada orang bodoh tersebut?

 

Terkait

Alquran dalam Surah Al-A'raf ayat 199 menjelaskan bagaimana cara seorang Muslim berakhlak mulia kepada sesama manusia. Allah SWT berfirman, "Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh." (QS Al-A'raf ayat 199)

Kitab-kitab tafsir menyebutkan, ayat tersebut merupakan kumpulan dari akhlak yang mulia. Perbuatan mulia pertama yang disebut dalam ayat itu ialah menjadi orang yang pemaaf, dan bukan menjadi orang yang sering mengucapkan terima kasih.

Sebab, memaafkan adalah sesuatu yang melebihi dari yang dibutuhkan. Perbuatan selanjutnya yang disebut dalam ayat tersebut ialah mengajak orang lain untuk melakukan perbuatan yang makruf atau baik. Berbuat baik adalah perkara yang sebetulnya sudah diketahui banyak orang dan ini kaitannya dengan sesuatu benar atau salah.

Berikutnya, yang disebut dalam ayat itu yakni 'jangan pedulikan orang-orang bodoh'. Dalam hidup bermasyarakat, tentu ada saja orang-orang yang termasuk kategori tersebut. Ketika kita ingin menasehatinya atau mengajaknya pada kebaikan, niat baik kita biasanya malah dimentahkan.

"Jauhi orang bodoh, karena orang bodoh hanya menjadi pengganggu manusia lainnya, dan kita tidak bisa membantunya," demikian penjelasan laman Elbalad atas ayat 199 Surah Al-A'raf.

Suatu ketika, ada seorang laki-laki bodoh yang jatuh ke dalam sumur. Lantas orang-orang berupaya membantu mengeluarkannya dengan mengulurkan seutas tali. Namun, orang bodoh itu keluar dari sumur dalam keadaan gantung diri. Ini karena dia tidak tahu apa yang harus dilakukan pada tali tersebut. Sehingga, ia pun malah melukai dirinya sendiri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini