Masjidil Haram Sediakan Pusat Informasi dalam Tujuh Bahasa

Sabtu , 13 Nov 2021, 05:31 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Masjidil Haram Sediakan Pusat Informasi dalam Tujuh Bahasa. Foto:  Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana lambat ini, jamaah umroh mengelilingi Ka
Masjidil Haram Sediakan Pusat Informasi dalam Tujuh Bahasa. Foto: Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana lambat ini, jamaah umroh mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID,MAKKAH—Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menyediakan layanan pusat informasi dalam tujuh bahasa, untuk memudahkan jamaah dalam mendapatkan informasi terkait ritual ibadah hingga fasilitas yang tersedia di Masjidil Haram. 

 

Terkait

Baca Juga

Program “We guide you in your language” (Kami memandu Anda dalam bahasa Anda) akan tersedia dalam bahasa Inggris, Urdu, Persia, Prancis, Turki, Hausa, dan Bengali. Kepresidenan telah menyiapkan rencana komprehensif untuk menawarkan layanan dengan mengerahkan penerjemah di lokasi yang ditentukan untuk membimbing siapa saja yang memiliki pertanyaan dan keraguan terkait dengan topik Islam dan ritual ibadah. 

Para peziarah dan pengunjung akan menerima jawaban atas pertanyaan mereka dalam bahasa masing-masing secara langsung, baik dengan bantuan robot, koneksi visual maupun layanan telepon selular gratis yang tersedia di Masjidil Haram. Adapun jumlah penerima manfaat layanan selama kuartal pertama tahun ini berjumlah sekitar 23.135 orang di tujuh lokasi di dalam Masjidil Haram.

Sementara itu, lebih dari 1.300 karyawan Badan Keamanan, Keselamatan, Konfrontasi Darurat dan Risiko, dan Departemen Umum Manajemen Massa di Masjidil Haram, dikerahkan untuk mendukung sistem layanan di dalam masjid dan fasilitas eksternalnya. Ribuan pegawai ini bertugas untuk memperkuat sistem regulasi dan layanan keamanan di Masjidil Haram selama masa haji dan umrah. Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci melatih dan mempekerjakan orang-orang di berbagai bidang untuk mencapai kelancaran operasional Masjidil Haram, di samping meningkatkan layanan yang diberikan kepada pengunjung masjid.

Tugas karyawan meliputi pelaksanaan rencana darurat di Masjidil Haram sesuai dengan peraturan keselamatan internasional, memastikan keselamatan di daerah terisolasi dan konstruksi, menemani para imam Masjidil Haram selama sholat, dan mengatur jalur dan kapel, mengarahkan pengunjung ke tempat yang ditunjuk sebagai area sholat, menjaga semua koridor dan lift listrik di masjid bebas dari halangan, di samping layanan lain yang diberikan kepada jamaah sepanjang tahun.

Sumber:

 https://saudigazette.com.sa/article/613439/SAUDI-ARABIA/Shariah-guidance-service-for-visitors-to-Grand-Mosque-in-seven-languages

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini