VCUarts Qatar Tutup Simposium Hamad Bin Khalifa ke-9

Kamis , 18 Nov 2021, 03:32 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
VCUarts Qatar Tutup Simposium Hamad Bin Khalifa ke-9. FOto: Masjid Abdullah Bin Ali Al Attiyah, Qatar
VCUarts Qatar Tutup Simposium Hamad Bin Khalifa ke-9. FOto: Masjid Abdullah Bin Ali Al Attiyah, Qatar

IHRAM.CO.ID,

 

Terkait

DOHA -- Sekolah Seni Universitas Persemakmuran Virginia di Qatar (VCUarts Qatar), universitas mitra Qatar Foundation (QF), telah menyelesaikan edisi kesembilan Simposium Hamad Bin Khalifa tentang Seni Islam.

Baca Juga

Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Lingkungan dan Ekologi dalam Seni dan Budaya Islam'. Kegiatan tersebut menarik lebih dari 800 pendaftar dari seluruh dunia untuk acara daring, yang berlangsung dari 8 hingga 15 November.

Pada hari pertama, Dekan VCUarts Qatar Amir Berbi dan Dekan Virginia Commonwealth University School of the Arts (VCUarts) Carmenita Higginbotham, menyampaikan sejumlah materi kepada audiens daring.

Dilansir di Gulf Times, Rabu (17/11), Amir Berbi menjelaskan simposium akan dilaksanakan dengan mencakup beberapa topik, yang menunjukkan betapa pragmatis generasi sebelumnya dalam menggabungkan bahan yang aman terhadap lingkungan, serta membuat desain yang peka terhadap lingkungan.

“Suara-suara dari berbagai disiplin ilmu akan menunjukkan bagaimana bencana ekologis saat ini menginformasikan estetika kontemporer yang meningkatkan kesadaran publik akan krisis, berbagai subjek menjanjikan memicu keingintahuan intelektual semua orang,” kata dia.

Dekan Berbi juga mencatat bagaimana kehadiran virtual simposium, meskipun diharuskan sebagai tindakan pencegahan perjalanan yang diberlakukan akibat pandemi Covid-19, seolah melengkapi tema tersebut.

Ketidakpastian pandemi yang terus berlanjut ini disebut membuat pihaknya melupakan semangat Simposium Seni Islam secara langsung, yang dibawa ke kampus di Doha ini.

"Saya berbesar hati, keputusan tersebut membantu kami mengurangi jejak karbon dan memperluas jangkauannya. Kami memiliki peserta, panitia panel, presenter makalah, dan rekan-rekan kami, secara virtual, dari seluruh dunia,” ujarnya.

Sejak pertama kali diadakan pada 2004, setiap edisi Simposium Seni Islam Hamad bin Khalifa mengangkat tema dan isu penting dalam memahami seni rupa di tanah Islam. Simposium ini disponsori bersama oleh Virginia Commonwealth University di Richmond, VCUarts Qatar, dan QF.  //  Zahrotul Oktaviani

https://m.gulf-times.com/story/704570/VCUarts-Qatar-concludes-9th-Hamad-Bin-Khalifa-Symp

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini