Jamaah Berburu Slot Sholat Jumat di Masjid Brunei

Kamis , 18 Nov 2021, 08:21 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Brunei mulai buka sejumlah aktivitas termasuk masjid dan perekonomian. Ilustrasi Masjid Jamik Hassanil Bolkiah di Kampong Kiulap, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.
Brunei mulai buka sejumlah aktivitas termasuk masjid dan perekonomian. Ilustrasi Masjid Jamik Hassanil Bolkiah di Kampong Kiulap, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

IHRAM.CO.ID, BANDAR SERI BEGAWAN – Umat Muslim di Brunei Darussalam ramai-ramai memesan slot agar bisa melaksanakan sholat Jumat di Masjid setelah dibuka kembali menyusul penurunan kasus Covid-19. 

 

Terkait

Seperti dilansir the scoop pada Kamis (18/11) lebih dari separuh masjid di  Brunei Darussalam telah diserbu permintaan dari jamaah untuk bisa mengikuti sholat Jumat. 

Baca Juga

Sebanyak 30 ribu Muslim Brunei Darussalam yang telah mengikuti vaksinasi penuh diperkirakan akan kembali melaksanakan ibadah di masjid setelah ditutup selama tiga bulan.   

Dalam konferensi pers pada Rabu (17/11) Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam mengatakan slot pemesanan telah diisi di 57 masjid, beberapa jam setelah reservasi dibuka di aplikasi seluler BruHealth. 

Dato Seri Setia, Mohd Isham Hj Jaafar mengatakan 11 masjid lainnya telah mencapai 80 hingga 90 persen dari kapasitas yang diizinkan. Sebanyak 37.272 orang mengamankan tempat untuk menghadiri sholat Jumat di BruHealth pada pukul 3 sore pada  Rabu.Ini berarti bahwa lebih dari 86 persen dari 43.110 slot pemesanan yang tersedia telah terisi. 

Masjid dan aula diizinkan untuk dibuka kembali dengan batas kapasitas 50 persen atau hingga 200 orang, sebagai bagian dari pencabutan bertahap pembatasan virus corona Brunei dalam fase transisi dari rencana pemulihan Covid-19 nasional Jumat ini. 

Hanya pria yang telah menerima dua dosis vaksin dan berusia di atas 18 tahun yang dapat melakukan sholat Jumat selama di Masjid pada fase transisi. Aturan akan dilonggarkan lebih lanjut untuk mengakomodasi perempuan dan anak di bawah umur dalam fase endemik. 

Sampai saat ini, 71,9 persen dari populasi telah menyelesaikan vaksinasi lengkap sementara 90,9 persen penduduk Brunei telah mengambil setidaknya satu suntikan. 

Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali perekonomian pada Jumat menyusul meningkatnya tingkat vaksinasi dan penurunan kasus. 

Sekitar 87 infeksi virus corona baru dilaporkan dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah kasus aktif menjadi 494. Empat klaster baru telah diidentifikasi, termasuk ruang staf Restoran Sweet Lemongrass dan tiga rumah tangga pribadi.    

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini