Munculnya Solidaritas untuk Muslim India

Jumat , 26 Nov 2021, 01:40 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
Muslim India melakukan shoat Jump/
Muslim India melakukan shoat Jump/

Ketua Komite Gurudwara Singh Sabha, Sherdil Singh Sidhu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa saudara-saudara Muslim dipersilakan untuk shalat di dalam tempat gurudwara. Namun, keputusan Singh kemudian dikritik oleh beberapa anggota komunitas Sikh dan kelompok sayap kanan, dan mengklaim bahwa kata-katanya salah dikutip oleh media.

 

Terkait

 

"Pernyataan saya ditentang oleh beberapa anggota komite dan oleh karena itu kami telah mengklarifikasi kepada umat Islam bahwa kami tidak dapat memberi mereka ruang. Namun, mereka mengatakan bahwa mereka memahami dan berterima kasih kepada kami atas dukungan kami," kata Singh.

 

Bahkan anggota komunitas Muslim memutuskan bahwa mereka tidak akan salat Jumat di dalam gurudwara. Hal ini karena dapat menimbulkan gangguan dalam tatanan sosial daerah tersebut.

 

"Sherdil Singh memberikan satu pernyataan, dan dia mendapat banyak tekanan dari kelompok Hindu sayap kanan, dan itulah sebabnya kami pergi ke gurudwara pada hari Jumat, untuk tidak hanya berterima kasih padanya atas sikapnya yang tak ternilai tetapi juga meyakinkan orang-orang bahwa kami tidak akan shalat di sana karena akan menimbulkan masalah bagi mereka," kata Ahmad.

 

Bagi Ahmad, langkah Yadav atau bahkan komunitas Sikh patut diapresiasi dan diacungi jempol. Dia percaya bahwa orang-orang ini menentang penindasan yang tidak pernah mudah, terutama mengingat masa yang penuh gejolak.