Ghana Wajibkan PNS Vaksinasi Covid-19

Kamis , 02 Dec 2021, 19:14 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ghana Wajibkan PNS Vaksinasi Covid-19
Ghana Wajibkan PNS Vaksinasi Covid-19

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Ghana pada Rabu (1/12) mewajibkan semua pegawai negeri sipil, termasuk petugas kesehatan, personel keamanan, dan guru, untuk divaksinasi virus corona. 

 

Terkait

Menteri Kesehatan Kwaku Agyeman-Manu mengatakan negara Afrika Barat itu perlu menerapkan tindakan yang lebih ketat karena kasus Covid-19 di negara itu telah mencapai tingkat mengkhawatirkan. Ghana mencatat kasus pertama varian omicron dari virus orona, lansir otoritas Kesehatan pada Rabu.

Baca Juga

Pemerintah hanya mengizinkan orang yang telah divaksinasi untuk memasuki pantai, restoran, klub malam, dan stadion. Dengan populasi 31 juta, setidaknya 5,45 juta warga Ghana telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Dengan lebih dari 130.900 kasus Covid-19, virus tersebut telah merenggut 1.209 nyawa di Ghana. Sebelum Ghana, Nigeria pada Rabu telah mendeteksi varian baru omicron. Strain omicron diidentifikasi oleh para ilmuwan Afrika Selatan pekan lalu dan Nigeria mengonfirmasi kasus pertamanya pada hari yang sama.

Varian yang pertama kali diindentifkasi di Afrika Selatan itu memiliki tingkat penularan yang tinggi. Meski demikian, gejala yang ditimbulkan akibat omicron lebih ringan hingga jarang membuat orang yang terinfeksi mengalami sakit kritis. 

Ahli epidemiologi dari University of New South Wales (UNSW), Marylouise McLaws, mengatakan bahwa sampel omicron yang ada masih terlalu kecil untuk bisa menarik kesimpulan tegas. Sebagian besar infeksi yang dikonfirmasi di Afrika Selatan melibatkan mahasiswa.

Masyarakat global tentu mengkhawatirkan omicron. Dulu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengklasifikasikan delta sebagai varian yang mengkhawatirkan, namun status omicron diangkat ke level yang sama hanya dua hari setelah kasus pertama dikonfirmasi.

McLaws menjelaskan bahwa mahasiswa juga termasuk kelompok usia yang cenderung tidak sakit parah akibat varian apapun sebelumnya. Di sisi lain, ia mengingatkan bahwa virus yang kurang ganas pun masih dapat memberikan tekanan berat pada sistem kesehatan jika cukup banyak orang yang terinfeksi.

https://www.aa.com.tr/id/dunia/ghana-wajibkan-pegawai-negeri-vaksinasi-covid-19/2436536

sumber : Anadolu Agency
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini