Doa yang Diajarkan Rasulullah Saat Cuaca Buruk

Rabu , 08 Dec 2021, 05:05 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Dalam Islam terdapat doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk kondisi di mana terjadi cuaca yang buruk atau ekstrem. Pada situasi seperti ini, tentu yang terbaik adalah kembali sunnah Nabi SAW.

 

Terkait

Seorang Muslim diajarkan untuk senantiasa memanjatkan doa ketika terjadi cuaca buruk seperti hujan deras, badai atau semacamnya. Rasulullah SAW berdoa ketika terjadi hujan deras. Beliau SAW berdoa begini:

Baca Juga

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا، ولَا عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ علَى الآكَامِ والجِبَالِ والآجَامِ والظِّرَابِ والأوْدِيَةِ ومَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."

Artinya: Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim)

Sedangkan ketika terjadi bencana besar seperti badai, angin puting beliung, gempa, hujan lebat, atau bencana lainnya, Rasulullah SAW mengajarkan untuk tidak mengutuk cuaca tersebut dan mintalah kebaikan kepada Allah SWT serta mintalah perlindungan kepada-Nya atas peristiwa yang terjadi.

Dalam situasi di tengah bencana seperti dipaparkan tersebut, Rasulullah SAW berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ» رواه مسلم.

allahumma innii as’aluka khairahaa, wa khaira maa fiihaa wa khaira maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan. (HR Muslim)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini