Muslim Rohingya Operasikan Truk Makanan Halal

Selasa , 14 Dec 2021, 09:31 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
Warga menikmati kuliner di Food Truck Halal pada acara
Warga menikmati kuliner di Food Truck Halal pada acara

IHRAM.CO.ID, MILWAUKEE -- Sebuah keluarga Muslim Rohingya yang tinggal di Milwaukee, negara bagian Wisconsin, mengoperasikan sebuah truk makanan halal. Usahanya ini menjadi satu-satunya yang menjajakan makanan halal Malaysia.

 

Terkait

Upaya yang dilakukan Amir Mohammad Ali dan istrinya seolah memberikan komunitas Burma dan Rohingya Milwaukee akses ke makanan tradisional. Milwaukee diketahui memiliki populasi pengungsi Rohingya terbesar di Amerika Serikat.

Amir dan istrinya, Majidah Mohammed Yousef, membuka Taste Amir's Roti Food Truck pada Juli 2020. Truk tersebut melayani pelanggan di dua lokasi, yaitu Wilson Park, 1601 W. Howard Ave., dan South 13th Street dan West Ohio Avenue.

Amir merupakan seorang pengungsi Rohingya yang meninggalkan Burma di usia muda untuk menetap di Malaysia dan pernah bekerja di restoran di Malaysia selama bertahun-tahun. Begitu dia menyimpan cukup uang, dia membuka satu usahanya sendiri sembari mengelola yang lain.

Ia datang ke AS sebagai pengungsi delapan tahun lalu. Amir juga menyebut ingin mengejar pekerjaan di industri makanan dan mencoba membuka usahanya sendiri di Milwaukee.

Dilansir di AhlulBayt News Agency (ABNA), Selasa (14/12), suatu hari ia melihat keberadaan beberapa truk makanan saat dia mengantarkan makanan untuk DoorDash. Sebuah inspirasi pun muncul di benaknya.

"Kenapa saya tidak membuka food truck dengan makanan Malaysia di sini, karena hal itu tidak ada,” ujar Ali. Sang istri pun disebut bergabung untuk ikut memasak.

Komunitas Muslim di Milwaukee disebut tidak pernah memiliki truk makanan Malaysia halal. Hal itu juga yang menjadi alasan mengapa mereka berpikir usaha itu akan menjadi ide yang bagus.