Rabu 15 Dec 2021 11:59 WIB

Saudi Segera Gelar Pameran Kurma Internasional

Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pasar kurma Saudi

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Pedagang buah Kurma melayani pembeli
Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pedagang buah Kurma melayani pembeli

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Pameran kurma internasional akan dimulai di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh pada Kamis (16/12). Kegiatan itu bakal diikuti produsen dan petani kurma lokal dan internasional.

Pameran selama lima hari tersebut akan diadakan di bawah pengawasan Pusat Nasional Kurma di Pusat Konvensi dan Pameran Internasional Riyadh. Pameran ini merupakan pertemuan tahunan produsen dan konsumen kurma terbesar di Arab Saudi dan dunia.

Baca Juga

Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pasar kurma Saudi dan berkontribusi menjadikan Arab Saudi sebagai pengekspor kurma terbaik di dunia. Pameran ini akan mencakup beberapa kegiatan pengiring, seperti lokakarya, presentasi, dan acara pendidikan.

Tercatat, sebanyak 43 lembaga dan perusahaan lokal dan internasional akan ambil bagian dalam pameran tersebut, bersama empat negara produsen. Kegiatan ini juga akan menampilkan platform elektronik untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam meningkatkan peran pemasaran, penelitian, studi dan eksperimen ilmiah terhadap pohon kurma.

 

Kurma dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antaranya karena kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, selain tembaga, selenium, magnesium, vitamin K, C, dan D.

Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi kurma hanya saat Ramadhan dan bukan menjadi camilan keseharian. Berdasarkan survei UMKM Timur Tengah Indonesia pada Juli 2021, dari total 1.300 responden sebanyak 47,7 persen di antaranya menyatakan mengonsumsi kurma saat Ramadhan saja, 24,8 persen mengaku sepekan terakhir, dan sisanya sebulan terakhir atau setahun terakhir.

Padahal menurut Founder Timur Tengah Indonesia Agung Prasetyo, kurma mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Kurma juga memiliki serat yang tinggi untuk kesehatan pencernaan. "Buah ini juga kaya akan tembaga, selenium, magnesium, dan vitamin K yang baik untuk metabolisme tulang," katanya lewat siaran pers dikutip Jumat (10/12).

Kandungan vitamin C dan D di dalamnya juga sangat baik untuk kesehatan dan nutrisi kulit. Buah kurma ada berbagai jenis, mulai dari kurma ajwa yang merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW, ada kurma safawi, kurma Mesir, sukkari, madjool, dan banyak lagi.

Pasar Indonesia akan kurma pun sangat besar mengingat wilayah ini merupakan negara dengan berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Karena itu, Timur Tengah Indonesia hadir sebagai UMKM yang menawarkan berbagai jenis kurma termasuk jenis khalas, rhutob, hingga Tunisia, juga produk-produk lainnya terrmasuk kacang-kacangan seperti almond, mede, pistachio, dan walnut.

Timur Tengah Indonesia juga menyediakan madu Yaman, air zam zam, garam Himalaya, serta berbagai kismis. Timur Tengah Indonesia juga menghadirkan produk olahan seperti granola, almond & cashew chocodust, coconut honey, serta vanilla honey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement