Kamis 16 Dec 2021 05:00 WIB

Apakah Dajjal Cuma Mitos?

Apakah Dajjal itu hanya mitos atau berdasarkan dalil Alquran dan hadist?

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Dajjal/ilustrasi
Foto: conmedisys.com
Dajjal/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir Syekh Dr Mahmud Syalabi mendapat pertanyaan soal apakah Dajjal itu hanya mitos atau memang berdasarkan dalil dalam Islam berupa Alquran dan Hadits.

Syekh Syalabi menekankan, Dajjal bukan mitos. Dalam Islam, Dajjal memang ada dan disebutkan dalam hadits. Artinya, Dajjal bukan sesuatu yang dibuat-buat.

Baca Juga

Selain itu, Mantan Mufti Mesir yang juga anggota Dewan Ulama Senior Al-Azhar Mesir, Syekh Dr Ali Jum'ah, menyampaikan Nabi Muhammad SAW telah memperingatkan soal fitnah Dajjal yang akan muncul di akhir zaman.

"Dajjal akan keluar untuk menggoda manusia. Dan Nabi SAW mengajarkan melalui doa-doanya untuk memohon perlindungan dari fitnah dan kejahatan Dajjal, dan beliau SAW memerintahkan umatnya untuk melakukan itu," tutur dia dilansir dari laman Elbalad, Rabu (15/12).

Syekh Jum'ah juga menjelaskan, hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas mengajarkan tentang doa yang dipanjatkan Nabi SAW untuk berlindung dari Dajjal. Rasulullah biasa mengajari doa ini ketika beliau SAW mengajari para Sahabat tentang sebuah surat Alquran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement