Apakah Semua Orang akan Terkena Fitnah Dajjal?

Kamis , 16 Dec 2021, 03:51 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Dajjal/ilustrasi
Dajjal/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Dr Ahmad Mamduh menyampaikan penjelasan soal apakah semua orang akan terkena fitnah Dajjal. Dia menjelaskan, ketika Dajjal muncul, banyak yang terpikat pada fitnahnya. Sehingga mereka mengikutinya meski padahal itu sebetulnya adalah tempat yang penuh kesengsaraan.

 

Terkait

Syekh Mamduh memaparkan, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa tidak ada negara yang tidak akan didatangi oleh Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah karena Allah SWT menempatkan malaikat di pintu kedua tempat tersebut untuk mencegah masuknya Dajjal.

Baca Juga

"Semua manusia akan tercabik-cabik pada saat datangnya zaman Dajjal. Di antara mereka ada yang tergoda untuk masuk ke dalam fitnahnya. Dan sebagian lagi ada yang akan dilindungi oleh Allah SWT sampai Allah melenyapkan Dajjal," tutur Syekh Mamduh, dilansir dari laman Elbalad.

Dia menambahkan, ada sunnah yang diajarkan oleh Nabi SAW sebagai wujud untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad mengajarkan untuk senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari fitnah Dajjal pada waktu setelah tasyahud (dalam sholat) dan juga dalam dzikir setelah sholat.