IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Manajer Komersial Internasional sekaligus Mantan Manajer Wilayah Indonesia Lulu Group Hypermarket, Ajay Nair, memaparkan peluang produk UMKM Indonesia untuk merambah pasar Timur Tengah, terutama Dubai dan Abu Dhabi.
"Kita mencari produk perabotan rumah tangga, minyak, Indonesia juga terkenal dengan hasil ikannya. Ini sebuah peluang yang memiliki prospek bagus untuk beberapa tahun ke depan," ucapnya.
Oleh karena itu, partisipasi Indonesia pada rangkaian kegiatan Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab dapat membuka peluang tersebut. Kegiatan yang digelar pada 17-23 Desember 2021 dan diikuti 192 negara ini dipercaya akan membuka peluang untuk mendorong ekspor produk UMKM Indonesia.
Atase Keuangan RI di Abu Dhabi, Boby Wahyu Hernawan mengatakan Expo 2020 Dubai merupakan rangkaian dari World Expo, yakni ajang ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda pada 2020 akibat pandemi, perhelatan ini akhirnya digelar pada Oktober 2021 hingga Maret 2022.
"UMKM Indonesia memiliki peran besar bagi ekonomi Indonesia. UMKM juga memiliki peran penting dalam gejolak ekonomi saat ini. Kini, Indonesia ditantang dengan keterbukaan ekonomi dunia. Kita membahas peluang dan cara bagi UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, terutama Timur Tengah," ujarnya, Senin (20/12).