Senin 20 Dec 2021 18:46 WIB

Misi Nabi Hud yang Dikisahkan Alquran

Allah SWT mengutus Nabi Hud kepada kaum 'Ad.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Padang Pasir
Foto: Pixabay
Ilustrasi Padang Pasir

IHRAM.CO.ID, Dalam Surah Al-A'raf Ayat 65 diterangkan:

 وَاِلٰى عَادٍ اَخَاهُمْ هُوْدًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ

Baca Juga

Dan kepada kaum ‘Ad (Kami utus) Hud, saudara mereka. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS Al-A'raf: 65).

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan bahwa Allah mengutus Nabi Hud kepada kaum 'Ad. Nabi Hud dari kalangan kaum 'Ad sendiri. Allah memerintahkan Nabi Hud untuk menyeru kaumnya agar menyembah Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Nabi Hud juga menyeru kaumnya agar meninggalkan segala sesuatu yang dituhankan mereka, karena selain Allah tidak ada Tuhan dan tidak patut disembah. Sebab segala ibadah hanya diperuntukkan kepada Allah. Oleh sebab itu, Nabi Hud menganjurkan kepada mereka agar bertakwa kepada Allah dan meninggalkan segala sesuatu yang dimurkai-Nya untuk menghindarkan diri dari siksaan-Nya.

Pada waktu dan kesempatan yang lain, Nabi Hud memerintahkan kepada kaumnya agar mereka menggunakan akal pikirannya.

Allah berfirman, "Dan kepada kaum 'Ad (Kami utus) saudara mereka, Hud." Dia (Nabi Hud) berkata, "Wahai kaumku! Sembahlah Allah, tidak ada tuhan bagimu selain Dia. (Selama ini) kamu hanyalah mengada-ada. Wahai kaumku! Aku tidak meminta imbalan kepadamu atas (seruanku) ini. Imbalanku hanyalah dari Allah yang telah menciptakanku. Tidakkah kamu mengerti?" (QS Hud: 50-51)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement