Senin 20 Dec 2021 15:28 WIB

Mesir Peringatkan Datangnya Badai Debu

Badai debu diperkirakan berdampak negatif terhadap kualitas udara

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
 Anak-anak terjebak dalam badai debu
Foto: Muhammed Muheisen/AP
Anak-anak terjebak dalam badai debu

IHRAM.CO.ID, KAIRO — Kementerian Lingkungan Mesir mengumumkan ada Ahad (19/12), agar orang tua, pasien penyakit pernapasan dan anak-anak di seluruh negeri untuk tinggal di dalam rumah pada Ahad dan Senin. Pengumuman ini menindak lanjuti badai debu yang melanda Mesir hingga Senin.

“Mesir menyarankan orang tua, pasien penyakit pernapasan dan anak-anak untuk menghindari kegiatan di luar ruangan pada Ahad dan Senin,” kata Kementerian dilansir dari Ahram Online, Senin (20/12).

Baca Juga

Berdasarkan laporan dari Otoritas Meteorologi Mesir (EMA) serta sistem peringatan dini kementerian, badai debu diperkirakan akan mempengaruhi daerah yang membentang dari utara negara itu ke Mesir Hulu utara pada hari Ahad dan Senin.

“Badai debu diperkirakan berdampak negatif terhadap kualitas udara,” tambah kementerian itu.

Menteri Lingkungan Hidup Mesir, Yasmine Fouad mendesak orang tua dan mereka yang memiliki penyakit dada dan pernapasan untuk menghindari kegiatan sehari-hari di udara terbuka selama 48 jam untuk menghindari bahaya. Fouad mencatat bahwa jika terjadi hujan, indeks kualitas udara akan naik, sehingga mengurangi tingkat keparahan krisis.

Pada Sabtu, EMA mengeluarkan pernyataan  peringatan bahwa, hujan sedang hingga lebat disertai badai petir diperkirakan terjadi di sepanjang pantai utara dan Delta pada Ahad dan Senin.

“Warga dapat mengajukan keluhan tentang polusi udara dalam bentuk apapun dengan kementerian sepanjang waktu,” kata kementerian menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement