Senin 20 Dec 2021 21:21 WIB

Abu Hurairah dan Keutamaan Bersedekah

Abu Hurairah RA, salah satu sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits Rasulullah

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alkisah, ada seorang yang menemui Abu Hurairah dan mengadukan keresahannya, sebab sang anak tengah dalam perantauan.  “Mohon anda berkenan mendoakan anakku. Sebab, sungguh hatiku sangat mengkhawatirkan keselamatan jiwanya,” ujar orang itu pada Abu Hurairah. 

Namun dibanding mendoakan, pria yang sangat menyukai kucing ini justru menyarankan cara lain yang lebih manjur. “Apakah anda ingin aku tunjukkan solusi yang lebih ampuh dibanding sekedar doa dariku?” tanya Abu Hurairah.

Baca Juga

Abu Hurairah pun menyarankannya untuk bersedekah dengan niat untuk keselamatan sang anak. Seusai menghadap, orang itu bersedekah satu dirham kepada seorang pengemis seraya berdoa, “Ya Allah, sedekah ini adalah tebusan untuk keselamatan anakku dan apa saja yang bersamanya.”

Beberapa waktu kemudian sang anak yang dinanti-nantikan tiba di kampung halaman. Dia mengatakan telah mengalami peristiwa yang luar biasa, karena hampir mati tenggelam di tengah laut bersama kapal yang ditumpanginya. 

Namun saat itu dia melihat sekelompok laki-laki berpakaian serba putih yang kemudian membawa kapalnya ke daratan terdekat, sehingga si anak dan penumpang lainnya dapat selamat. 

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, “Sungguh Allah adalah zat yang Maha Suci dari segala kekurangan dan hanya menerima hal-hal yang baik” (HR Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement