Rabu 22 Dec 2021 17:17 WIB

Alquran Ceritakan Kaum yang Melampaui Batas

Alquran menyebut Kaum Luth sebagai kaum yang melampaui batas.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh
Bab-Edh-dhra, lokasi ditemukannya reruntuhan kota Sodom dan Gomoroh

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Alquran diceritakan bahwa Nabi Luth diutus ke kaum yang pertama kali melakukan perbuatan keji. Mereka adalah kaum yang pertama kali melakukan sodomi.

Nabi Luth menyeru mereka untuk kembali ke jalan yang baik dan benar, namun mereka malah mengusir Nabi Luth. Alquran menyebut mereka sebagai kaum yang melampaui batas, artinya perbuatan tercela mereka benar-benar melampaui batas. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 81 tan tafsirnya.  

Baca Juga

اِنَّكُمْ لَتَأْتُوْنَ الرِّجَالَ شَهْوَةً مِّنْ دُوْنِ النِّسَاۤءِۗ بَلْ اَنْتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُوْنَ

Sungguh, kamu telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki bukan kepada perempuan. Kamu benar-benar kaum yang melampaui batas. (QS Al-A'raf: 81)

Ayat ini dalam Tafsir Ringkas Kementerian Agama mengandung arti, "Sungguh, kamu benar-benar telah melampiaskan syahwatmu kepada sesama lelaki dengan mendatangi mereka dari duburnya, bukan kepada perempuan yang seharusnya kepada merekalah kamu menyalurkan naluri seksualmu. Kamu telah melakukan perbuatan yang sangat keji dan rendah serta durhaka. Bahkan kamu benar-benar kaum yang melampaui batas karena melakukan pelampiasan syahwat bukan pada tempatnya, menyimpang dari fitrah manusia."

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement