Rabu 22 Dec 2021 16:17 WIB

Rasulullah Ajarkan Umatnya untuk Berbakti Kepada Orang Tua

Rasulullah menekankan sebagai anak wajib berbakti kepada orang tua.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dalam ajaran Islam, perintah untuk berbakti kepada orang tua disampaikan melalui para rasulnya. Rasulullah bersabda, “Surga ada di telapak kaki ibu,” (HR Ibnu Majah).

Hadits tersebut ditafsirkan secara beragam. Ada yang menyebut bahwa ibu bertanggung jawab untuk mengajar anak-anaknya kewajiban agama dan perilaku baik yang akan memenangkan surga bagi mereka atau itu mungkin anak akan mendapatkan surga dengan melayani ibu sepanjang hidupnya.

Baca Juga

Bagaimanapun, hadits itu menunjukkan bentuk penghargaan besar, yaitu rasa hormat yang diajarkan Islam untuk ibu. Dalam Alquran dijelaskan pengakuan khusus atas penderitaan ibu saat melahirkan dan menyusui anaknya. Allah berfirman dalam surat Luqman ayat 14:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

 

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement