Rabu 29 Dec 2021 17:17 WIB

Taliban Diminta Hormati Hak-Hak Perempuan

Sekitar 30 perempuan mentuntut Taliban hormati hak-hak perempuan.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Perempuan Afghanistan. Otoritas Taliban pada Ahad (26/12) mengeluarkan pedoman perjalanan bagi perempuan Afghanistan.
Foto: AP Photo/Mstyslav Chernov
Perempuan Afghanistan. Otoritas Taliban pada Ahad (26/12) mengeluarkan pedoman perjalanan bagi perempuan Afghanistan.

IHRAM.CO.ID,  KABUL -- Sekitar 30 perempuan berkumpul di dekat sebuah masjid di pusat Kabul pada Selasa (28/12), sambil meneriakkan "keadilan, keadilan". Aksi para perempuan itu kemudian dihentikan oleh pasukan Taliban.

Selain itu, Taliban juga berusaha mencegah wartawan meliput aksi tersebut. Pejuang Taliban menahan sekelompok wartawan dan menyita peralatan dari beberapa fotografer. Taliban juga menghapus foto-foto dari kamera para fotografer sebelum mengembalikannya.

Baca Juga

Para pengunjuk rasa menyampaikan protes terhadap pembatasan yang dihadapi perempuan di bawah kepemimpinan Taliban. Belum lama ini, Taliban mengeluarkan pedoman baru yang melarang wanita bepergian jauh, kecuali dikawal oleh kerabat pria.

“Hak-hak perempuan adalah hak asasi manusia.  Kami harus mempertahankan hak kami,” ujar seorang pengunjuk rasa Nayera Koahistani, dilansir Aljazeraa Rabu (29/12).

 

Ketua Jaringan Wanita Afghanistan, Mahbooba Saraj, mengatakan, pedoman baru yang dikeluarkan oleh Taliban menyulitkan kaum perempuan yang tidak memiliki mahram atau wali laki-laki untuk menemani mereka. “Ini adalah cara lain untuk menempatkan pembatasan pada wanita tanpa alasan yang jelas,” kata Saraj.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement