Ahad 02 Jan 2022 22:38 WIB

Sholat Istikharah dan Keutamaannya

Diriwayatkan Nabi Muhammad mengajarkan sahabat untuk melakukan Sholat Istikharah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Sholat (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sholat (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Diriwayatkan Nabi Muhammad SAW biasa mengajarkan para sahabat untuk melakukan Sholat Istikharah dalam segala hal. Hal ini sebagaimana beliau mengajarkan para sahabat Alquran.

Rasulullah SAW berkata, “Jika kamu hendak mengambil keputusan, Sholatlah dua rakaat di luar Sholat wajib, lalu ucapkan, 'Ya Allah! Aku mencari hidayah karena ilmu-Mu, aku mencari kemampuan karena kekuasaan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang besar. Karena Engkau memiliki kuasa, dan saya tidak. Anda tahu, dan saya tidak. Engkau Maha Mengetahui segala yang tersembunyi.

Baca Juga

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini baik untukku dalam imanku, kehidupan duniawi, dan akhirat, maka mudahkan aku, wujudkan, dan berkahi aku melaluinya.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini buruk bagi saya dalam iman saya, kehidupan duniawi, dan akhirat, maka jauhkan dari saya dan jauhkan saya darinya, maka jadikanlah untuk saya kebaikan di mana pun itu berada, dan buatlah saya puas. “ (Al-Bukhari)

 

Doa pengambilan keputusan, atau Istikharah, merupakan alat yang sangat diperlukan dan harus dijalankan setiap Muslim untuk menavigasi kehidupan mereka. 

 

Sebagaimana diketahui secara umum, hidup terdiri dari rangkaian keputusan, yang bagi banyak orang, keputusan itu baru dipikirkan secara matang jika memiliki konsekuensi jangka panjang yang besar. Sejatinya, segala jenis keputusan yang ada dalam kehidupan mengisi setiap momen dan memengaruhi hidup kita. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement