Tim Medis Arab Saudi Selamatkan Nyawa Jamaah Umroh Asal Irak

Senin , 03 Jan 2022, 21:22 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Jamaah umroh asal Irak nyaris alami kelumpuhan saat di Arab Saudi. Peralatan bedah (ilustrasi)
Jamaah umroh asal Irak nyaris alami kelumpuhan saat di Arab Saudi. Peralatan bedah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Seorang pemuda Irak yang sedang umroh menderita gangguan kejang dan kelumpuhan sebagian.  

 

Terkait

Melansir laman saudigazette.com.sa pemuda tersebut berhasil diselamatkan dari hemiplegia dan kini pulih sepenuhnya berkat pertolongan darurat dari tim medis spesialis di Makkah. 

Baca Juga

Pemuda bernama Ali Satwan, 20 tahun kini telah menjalani operasi pengangkatan tumor otak dan sudah kembali berjalan normal. Operasi tersebut dilakukan oleh tim medis khusus di Pusat Bedah Saraf Kota Medis Raja Abdullah di Makkah. 

Satwan pertama kali dilarikan ke Rumah Sakit Ajyad, dekat Masjidil Haram di Makkah, ketika dia mulai mengalami gejala kejang dengan kelumpuhan sebagian di sisi kiri tubuh dengan ketidakmampuan untuk berjalan atau menggerakkan tangan kirinya. Jamaah itu kemudian segera dipindahkan ke Medical City di mana dia menerima perawatan medis terbaik.  

Tim khusus berhasil mengangkat tumor otak. Tim medis mengatakan bahwa setibanya di rumah sakit, jamaah menjalani CT scan dan MRI yang diperlukan. Ini menunjukkan adanya tumor otak yang bermigrasi dan berdarah yang memerlukan intervensi bedah segera. 

Tim medis mencatat bahwa keberadaan tumor di area yang berdekatan dengan area pergerakan fungsional otak meningkatkan risiko intervensi bedah karena ada lebih banyak kemungkinan kelumpuhan total, tetapi penyelamatan dimungkinkan dengan teknik stimulasi untuk korteks serebral, yang mereka gunakan untuk mengidentifikasi area fungsional tersebut dan kemudian menghindarinya selama operasi. 

Operasi itu berhasil dan tanpa komplikasi. Kondisi pasien berangsur-angsur membaik hingga dia bisa berjalan dengan normal. 

Satwan dan keluarganya menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada pemerintah Arab Saudi dan otoritas kesehatan di Makkah atas perhatian mereka yang besar terhadap kesehatan dan kesejahteraan para tamu Allah. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini