Jumat 07 Jan 2022 09:04 WIB

Dua Sifat yang Harus Dimiliki Muslim Agar Hidup Tenang dan Damai

Muslim harus memiliki sifat sabar dan pandai bersyukur.

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Sabar/ilustrasi
Sabar/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Setiap orang pasti ingin hidup dengan tenang dan damai. Pendiri Pusat Dakwah Alquran al-Fahmu Institute Jakarta, Ustaz Fahmi Salim mengatakan, setidaknya ada dua sifat yang harus dimiliki seorang muslim jika ingin hidupnya tenang dan tenteram.

“Ada dua sifat yang harus dimiliki seorang muslim dalam menjalani hidupnya agar ia enjoy, tenang, dan tenteram,” ujar Ustaz Fahmi dikutip dari bukunya yang berjudul "Tadabbur Qur'an di Akhir Zaman" terbitan Pro-U Media.

Dia menjelaskan, dua sifat itu adalah sebagaimana yang dimiliki Allah dalam Asmaul Husna, yaitu Shabbarun Syakur, sifat Maha Penyabar dan Maha Bersyukur. Artinya, kata dia, seorang muslim harus memiliki sifat sabar dan pandai bersyukur.

Menurut Ustaz Fahmi, sabar dan syukur inilah kunci dalam menjalani kebahagiaan hidup. Rasulullah SAW bersabda,

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan , kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya, apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR Muslim dan Ahmad)

Ustaz Fahmi menuturkan, di dunia ini setiap orang pasti akan menghadapi berbagai masalah, baik dalam kehidupan pribadi, rumah tangga, maupun dalam interaksi sosial di masyarakat. Menurut dia, tak ada jalan kebahagiaan lain dalam menghadapi berbagai persoalan hidup itu, selain mencari solusi terbaik kemudian bersabar.

“Setelah itu, tanamkan dalam benak kita rasa syukur kepada Allah SWT bahwa sebesar apapun musibah yang menimpa kita, sesungguhnya itu hanya sedikit dan sangat kecil jika dibandingkan dengan nikmat dan karunia-Nya yang begitu luas,” jelas lulusan Al-Azhar Kairo Mesir ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement