Kedermawanan Masyarakat di Tengah Pandemi Meningkat

Senin , 10 Jan 2022, 09:25 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Esthi Maharani
Sumbangan (ilustrasi)
Sumbangan (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Di masa pandemi Covid-19, kepedulian dan kedermawanan masyarakat Indonesia terhadap orang-orang yang membutuhkan terus meningkat. Umat Islam berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dengan menyalurkan donasinya melalui lembaga yang bergerak di bidang filantropi, seperti Baznas, LAZ, dan yang lainnya.

 

Terkait

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Prof KH Noor Achmad mengatakan, kepedulian masyarakat Indonesia selama masa pandemi Covid-19 terus meningkat. Menurut dia, hal ini dapat dilihat dari penghimpunan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar 30 persen.

“Luar biasa peningkatannya itu. Jadi yang kami rasakan di Baznas itu peningkatan di masa pandemi itu 30 persen dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. Bahkan, di tahun 2020 dan 2021 jauh sekali perbedaannya,” ujar Prof Noor kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat di tingkat bawah juga saling membantu agar bisa kembali menjalani hidup normal. Setelah pandemi selesai, dia berharap masyarakat Indonesia tetap terus melakukan kebaikan antar sesama.

“Kita berharap apa yang sudah berjalan selama ini terus kita tingkatkan di masa-masa yang akan datang meskipun tidak pandemi. Artinya tingkat kedermawanan itu lebih ditingkatkan,” ucap Prof Noor.

Organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) juga mengapresiasi kedermawanan masyarakat Indonesia yang terus meningkat di masa pandemi Covid-19.

“Kami melihat bahwa masyarakat kita ini luar biasa dermawannya. Di masa pandemi itu kita sudah buat program Isolasi Mandiri Terpantau (Isomantau), dan bantuan-bantuan orang terhadap program ini luar biasa,” Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad saat dihubungi lebih lanjut.

Sementara itu, Direktur Dakwah, Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji mengatakan, semangat filantropi di Indonesia saat ini memang sangat tinggi, termasuk di masa pandemi Covid-19. Menurut dia, semua pihak berlomba untuk melakukan kebaikan.

“Di masa pendemi saya melihat semangat filantropi di Indonesia ini sangat tinggi, semangat kedermawanan, rasa welas asih, apalagi di awal pandemi semuanya berlomba-lomba ingin memberi dan ingin berbagi,” kata Shonhaji.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 memang menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kesalehan sosialnya. “Nah, saya melihat ketika musim pandemi sampai hampir dua tahun terakhir kita melihat bahwa kesalehan sosial masyarakat ini menunjukkan tingkat yang semakin meningkat, teritama di awal pandemi,” jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini