Rabu 12 Jan 2022 17:00 WIB

Samarkand Wajah Eksotisme di Jalur Sutra

Samarkand mewakili sejarah kota Jalur Sutra yang terkenal.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Bibi-Khanum, Samarkand, Uzbekistan.
Foto:

Bukan hanya turis asing saja yang terkesan. Odil Jahangirov, yang mengelola sebuah wisma di Samarkand, mengatakan, mereka yang berasal dari ibukota Uzbekistan, Tashkent, sering kali kagum dengan pemugaran tersebut.

Namun beberapa kalangan lain jauh dari senang, karena mereka berjalan melalui aula yang telah dipugar di “Gilded Madrassa” bertatahkan emas, atau memandangi mosaik rumit dari pekuburan kuno Samarkand, tetapi sangat diperbaiki. Bagi mereka, masjid, madrasah, dan mausoleum yang dipugar ini telah menjadi bersih dan palsu, seperti pameran taman hiburan daripada situs bersejarah.

Salah satunya datang dari Robert Hillenbrand, seorang cendekiawan terkemuka seni Islam. Dia menulis artikel tentang restorasi Masjid Bibi Khanym. Ia mengutuk apa yang dia lihat tidak akurat dan upaya yang dilakukan dengan buruk untuk mengganti dan memperbaiki bagian-bagian bangunan.

Beberapa wisatawan mungkin khawatir tentang apa yang sedang dilakukan, seolah-olah demi mereka, tetapi masyarakat lokallah yang paling terpengaruh oleh cara pembangunan kembali dilakukan.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement