Kamis 03 Feb 2022 13:00 WIB

Masjid Pusat Sheikh Zayed UEA Luncurkan Koin Khusus

Masjid Pusat Sheikh Zayed UEA Luncurkan Koin Khusus ABU DHABI

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Pusat Sheikh Zayed UEA Luncurkan Koin Khusus
Foto: Gulf Today
Masjid Pusat Sheikh Zayed UEA Luncurkan Koin Khusus

IHRAM.CO.ID,

Masjid Pusat Sheikh Zayed UEA Luncurkan Koin Khusus

Baca Juga

ABU DHABI -- Bank Sentral UEA (CBUAE) menerbitkan 1.971 koin perak sebagai bentuk peringatan atas Pusat Masjid Agung Sheikh Zayed (SZGMC). Peluncuran ini dilakukan bekerja sama dengan SZGMC, yang berafiliasi dengan Kementerian Urusan Kepresidenan.

Peluncuran koin ikonik ini dilakukan di bawah arahan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Urusan Kepresidenan dan Ketua Dewan Direksi Bank Sentral, H.H. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Dilansir di //Gulf Today//, Kamis (3/2), penerbitan koin peringatan ini bertujuan untuk memamerkan Masjid Agung Sheikh Zayed, yang dinamai sesuai mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Masjid ini merupakan sebuah landmark ikonik agama, nasional dan budaya, yang mencerminkan identitas UEA.

Bangunan tersebut juga telah menjadi tujuan global yang terkenal, mengkonsolidasikan visi bapak pendiri masjid agar menjadi platform untuk dialog budaya, toleransi dan koeksistensi di antara berbagai agama di UEA.

Setiap koin disebut memiliki berat 40 gram, dengan sisi depan koin menunjukkan potret mendiang Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Di dalamnya terdapat ucapannya yang abadi, "Persatuan hidup di jiwaku, di hatiku, dan itu adalah yang tersayang bagiku".

Sementara, di sisi belakang koin terdapat gambar Masjid Agung Sheikh Zayed dan tulisan  "tahun ke-50", bertepatan dengan peringatan 50 tahun persatuan tersebut.

Koin peringatan baru ini selanjutnya akan diserahkan ke SZGMC. Mereka akan dijual oleh Masjid kepada semua anggota masyarakat di Souq Al Jami' melalui "Galeri Seni Modern Etihad". Koin tidak akan tersedia di kantor pusat CBUAE maupun cabangnya.

Ketua Dewan Pembina Pusat Masjid Agung Sheikh Zayed, Abdul Rahman Al Owais, menyebut dikeluarkannya koin peringatan ini sebagai bentuk menghormati warisan yang disampaikan oleh Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

"SZGMC berupaya menghormati warisan, nilai dan prestasi abadi mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang telah menyentuh hati warga dan penduduk, serta memimpin UEA untuk mencapai tonggak bersejarah dan mencapai pengakuan global di berbagai bidang," kata dia.

Gubernur CBUAE, Khaled Mohammed Balama, menyebut penerbitan koin-koin ini mewujudkan visi mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang mengarah pada penciptaan Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid ini merupakan salah satu landmark dunia yang indah, platform budaya internasional, serta mercusuar pertukaran budaya yang mempromosikan nilai-nilai toleransi. Dia menambahkan penerbitan koin itu bertepatan dengan perayaan 50 tahun berdirinya UEA.  

Sumber:

https://www.gulftoday.ae/news/2022/02/02/coin-enshrines-sheikh-zayed-grand-mosque

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement