Uji Coba 'Bus Makkah' akan Dimulai

Selasa , 15 Feb 2022, 06:22 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Agung Sasongko
Kota Makkah menyiapkan bus khusus dari Haramain Express ke Masjidil Haram (Ilustrasi)
Kota Makkah menyiapkan bus khusus dari Haramain Express ke Masjidil Haram (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Komisi Kerajaan untuk Kota Suci Makkah dan Tempat Suci akan meluncurkan fase uji coba proyek transportasi bus umum terpadu untuk kota Makkah (Bus Makkah). Bus ini akan melintas di jalur yang menghubungkan stasiun kereta Haramain Express di distrik Rusaifa dan stasiun Jabal Omar dekat halaman Masjidil Haram. 

 

Terkait

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (15/2), proyek tersebut merupakan salah satu inisiatif Program Doyof Al Rahman, program pelayanan jamaah haji, dan salah satu program Saudi Vision 2030. Test trip pertama akan dimulai pukul 05.30 WIB di Route 7A.

Baca Juga

Bus akan mengangkut penumpang dari Haramain Express stasiun kereta api ke Masjidil Haram. 

Komisi Kerajaan bertujuan, melalui tahap ini, untuk memantau apa yang dapat dilakukan untuk mengembangkan layanan, dalam kemitraan dengan masyarakat dan pengunjung ke Kota Suci.

Melalui tahap uji coba ini, komisi dapat meninjau bagaimana respon dan kesan dari masyarakat. Sehingga mereka dapat meningkatkan layanan untuk mencapai tahap lanjutan dari proyek yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan pengunjung. 

Menurut komisi ada 12 trek yang dijadwalkan akan beroperasi pada periode mendatang. 

Pusat Terpadu untuk Transportasi di Makkah, afiliasi dari Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat Suci, sedang bekerja untuk melengkapi persyaratan untuk sisa jalur proyek transportasi umum "Bus Mekkah". Bus akan siap beroperasi setelah melewati empat fase dalam beberapa bulan mendatang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini