Produk Halal Makin Populer di Rusia

Senin , 21 Feb 2022, 06:26 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Hafil
Produk Halal Makin Populer di Rusia. Foto: Makanan halal (ilustrasi)
Produk Halal Makin Populer di Rusia. Foto: Makanan halal (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,MOSKOW --- Produk-produk halal semakin populer di Rusia. Bahkan permintaan produk-produk halal khususnya makanan halal semakin meningkat. Seperti dilansir Iqna.ir pada Senin (21/2) jumlah restoran dan institusi yang aktif di bidang halal tumbuh Rusia.  Produk mereka sangat populer tidak hanya di kalangan Muslim tetapi juga komunitas masyarakat lainnya.  

 

Terkait

Tren peningkatan jumlah toko dan restoran halal ini lebih terlihat di Moskow. Meskipun hanya ada dua toko halal di ibu kota Rusia sejak beberapa tahun lalu, jumlahnya meningkat secara bertahap hingga mencapai lusinan, selain departemen produk halal di dalam mal-mal besar.

Baca Juga

Pusat Halal Dewan Mufti Rusia mengawasi standar kontrol kualitas sesuai dengan ajaran hukum Islam dan menerbitkan sertifikat lisensi untuk produk halal. Ini juga mengawasi produksi dan penjualan produk halal.

Menurut Mohammad Amin Mustafa, yang mengepalai departemen kontrol kualitas untuk produk halal di sebuah pusat Islam di Moskow, permintaan akan produk halal telah berkembang pesat.

Dia mengatakan pasar telah berkembang di luar Rusia dan produk halal sekarang diekspor ke negara-negara CIS lainnya (bekas republik Soviet).

Mustafa mencatat bahwa bukan hanya Muslim yang mencari produk halal, tetapi non-Muslim Rusia juga lebih suka membeli produk ini. Permintaan terus meningkat meskipun harga produk halal naik.

Sementara itu, warga dan pemilik restoran dan toko yang menjual produk halal menyatakan kepuasannya terhadap kualitas produk dan makanan halal. Mereka juga puas dengan harganya. Banyak pelanggan mengatakan mereka lebih memilih pergi ke restoran yang menyajikan makanan halal karena memiliki kualitas yang lebih baik.

Rusia adalah negara besar dengan populasi sekitar 150 juta. Ada sekitar 25 juta Muslim di Rusia, artinya negara itu memiliki populasi Muslim terbesar di Eropa.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini