Rabu 02 Mar 2022 06:28 WIB

Transaksi E-Commerce di Arab Saudi Melonjak hingga Rp 1 Triliun Per Hari

Pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan e-commerce semakin meningkat pesat di Saudi.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
E commerce (ilustrasi). Pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan e-commerce semakin meningkat pesat di Saudi.
Foto: Needpix
E commerce (ilustrasi). Pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan e-commerce semakin meningkat pesat di Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan e-commerce semakin meningkat pesat. Peningkatan ini juga terjadi di Arab Saudi, di mana dalam satu hari telah terjadi transaksi sebesar Rp 1 Triliun di e-commerce.

“Total penjualan e-commerce melalui kartu Mada sebesar 8,23 miliar riyal selama bulan Januari 2022. Ini menunjukkan bahwa rata-rata penjualan e-commerce dalam sehari mencapai 265,45 juta riyal (Rp 1 triliun),” berdasarkan laporan pemerintah dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (2/3/2022).

 

Penjualan ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah e-commerce, dan penjualan melonjak 87,93 persen sepanjang tahun, setelah nilai operasi e-commerce sekitar 4,38 miliar riyal pada periode yang sama tahun 2021. 

 

Jumlah e-commerce operasi perdagangan menyumbang sekitar 40,86 juta, dengan jumlah rata-rata 201 riyal per transaksi. Nilai penjualan e-commerce terus meningkat mulai Februari 2021, dengan peningkatan yang stabil selama 12 bulan berturut-turut.

 

Persentase penjualan pada Januari tahun ini adalah sekitar 80,27 persen dari total penjualan e-commerce yang tercatat sepanjang tahun 2019, yang berjumlah sekitar 10,25 miliar riyal pada waktu itu. 

 

“Di sini, penjualan e-commerce berarti total operasi yang dilakukan melalui kartu Mada saja, yang digunakan untuk pembayaran dan pembelian melalui situs belanja dan aplikasi elektronik, dan itu tidak termasuk operasi yang dilakukan melalui kartu kredit,” menurut laporan pemerintah.

 

Menurut cek, penjualan melalui titik penjualan berjumlah sekitar 43,56 miliar riyal didistribusikan lebih dari 535,68 juta transaksi dalam satu bulan, dan nilai rata-rata satu transaksi sekitar 81,32 riyal.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement