Sabtu 05 Mar 2022 15:21 WIB

Jamaah Umroh Thailand Tiba di Jeddah

Kelompok pertama jamaah umroh dari Thailand tiba di Jeddah

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Muslim Pattani Thailand, menjalankan ibadah Shalat Id di sebuah masjid di Provinsi Pattani, Thailand Selatan, Ahad (24/5).
Foto: REUTERS/Surapan Boonthanom
Muslim Pattani Thailand, menjalankan ibadah Shalat Id di sebuah masjid di Provinsi Pattani, Thailand Selatan, Ahad (24/5).

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kelompok pertama jamaah umroh dari Thailand tiba di Arab Saudi minggu ini dengan penerbangan langsung pertama. Kedatangan jamaah umroh dengan penerbangan langsung ini menandakan pulihnya hubungan diplomatik kedua negara.

Dilansir dari Saudi Gazette, pada Jumat (4/3/2022), para peziarah tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah setelah dimulainya kembali penerbangan langsung antara kedua negara. 

Baca Juga

Mereka terbang ke Kerajaan dengan penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai nasional Saudi, Saudia, dari Bangkok. Kedatangan jemaah haji disambut oleh pejabat dari Kementerian Haji dan Umrah, Otoritas Umum Penerbangan Sipil dan KAIA.

Saudi Airlines awal pekan ini meluncurkan kembali penerbangan antara bandara Saudi dan Thailand, setelah keduanya sepekat berdamai pada Januari lalu. Kedua negara ini sepakat berdamai dan mengakhiri perselisihan selama 32 tahun. 

“Di antara keuntungan dari pemulihan hubungan diplomatik penuh antara Arab Saudi dan Thailand adalah kembalinya penerbangan langsung yang memungkinkan jamaah untuk terbang ke Kerajaan dan memfasilitasi prosedur kedatangan mereka,” kata anggota Komite Haji dan Umrah Nasional Arab Saudi, Hani Al Omeiri.

Pada Januari, Arab Saudi dan Thailand sepakat untuk sepenuhnya memulihkan hubungan diplomatik dan pertukaran duta besar. Langkah itu disepakati selama kunjungan penting oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha ke ibukota Arab Saudi, Riyadh dan bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, Mohammed bin Salman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement