Selasa 22 Mar 2022 23:15 WIB

Jelang Ramadan Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bahan Pokok

Jelang Ramadan Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bahan Pokok

Rep: Ari lukihardianti/ Red: Muhammad Hafil
Jelang Ramadan Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bahan Pokok. Foto:  Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Jelang Ramadan Sekda Jabar Ingatkan OPD Jaga Stok 12 Bahan Pokok. Foto: Ilustrasi Ramadhan

IHRAM.CO.ID,BANDUNG--Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Ketersediaan, Stabilisasi Harga dan Distribusi Barang Kebutuhan Pokok di Ruang Rapat Sanggabuana Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/3/2022). 

Setiawan mengatakan, pelaksanaan rakor ini merupakan tindak lanjut dari rapat penanganan pangan yang dipimpin oleh tiga menteri. Yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan dan Menteri Pertanian, serta Kepala Badan Katahanan Pangan Nasional. 

Baca Juga

“Pada intinya kita melihat perkembangan akhir-akhir ini dipandang perlu mempersiapkan dengan sangat serius menghadapi Bulan Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Setiawan. 

Ia berharap melalui rakor ini menjadi upaya untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan pokok, stabilitas harga, keamanan dan kelancaran distribusi, serta terkait pengawasan dan penegakan hukum terhadap stabilisasi harga, maupun distribusi bahan pokok. 

Setiawan menghimbau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam penanganan pangan di Provinsi Jawa Barat agar terintegrasi dalam satu aplikasi. Hal ini untuk memudahkan dalam monitoring dan evaluasi, serta pengambilan kebijakan yang akurat. 

“Semua OPD kan mempunyai aplikasi untuk sistem informasinya. Saya minta itu semua diintegrasikan supaya informasi hanya satu nantinya, tapi digunakan untuk semua perangkat daerah,” katanya. 

Berdasarkan hasil Prediksi Neraca Pangan Provinsi Jabar periode Maret – Mei 2022, dari data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, ada 12 bahan pokok yang menjadi penting dan harus diawasi. Yakni, beras, jagung, kedelai, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam, dan telur. 

“Nah itu kita harus pantau 12 bahan pokok pangan kita. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (KPP) menjelaskan, sampai Idul Fitri dua bahan pokok yang harus benar-benar kita awasi, yakni cabai rawit dan gula,” katanya. 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement