Dinkes Madiun Periksa Kebugaran 179 Calon Jamaah Haji 2022

Jumat , 25 Mar 2022, 18:54 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah haji mengikuti tes kebugaran jasmani, Kamis (25/4/2019). Dinkes Madiun Periksa Kebugaran 179 Calon Jamaah Haji 2022
Ilustrasi. Sejumlah calon jamaah haji mengikuti tes kebugaran jasmani, Kamis (25/4/2019). Dinkes Madiun Periksa Kebugaran 179 Calon Jamaah Haji 2022

IHRAM.CO.ID, MADIUN -- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Madiun melakukan cek kebugaran bagi 179 calon haji (calhaj) yang akan berangkat ke Tanah Suci pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022.

 

Terkait

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun Denik Wuryani mengatakan cek kebugaran tersebut dilakukan sebagai rangkaian persiapan keberangkatan ibadah haji pada tahun 1443 H/2022.

Baca Juga

"Salah satu tes kebugaran dilakukan dengan keliling stadion sebanyak empat putaran. Alhamdulillah semua peserta bisa menyelesaikan empat putaran dengan baik dan tidak ada yang sakit," ujar Denik saat meninjau cek kebugaran calhaj di Stadion Wilis Kota Madiun, Jumat (25/3/2022).

Sebelum menjalani tes kebugaran, sehari sebelumnya para calhaj telah mendapatkan sosialisasi dari Dinkes PPKB. Mereka juga menjalani tes kesehatan lain, seperti pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, dan lainnya.

"Tes tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh calhaj siap berangkat menunaikan ibadah haji. Hasilnya, seluruh peserta bisa mengikuti tes kebugaran dengan baik," kata dia.

Denik menjelaskan hasil dari tes kebugaran hari ini untuk mengetahui kondisi kesehatan para calhaj. Jika ada yang sakit, akan segera dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sehingga, ketika berangkat ke Tanah Suci, semuanya sudah sehat dan bisa mengikuti kegiatan ibadah dengan optimal. "Bagi yang sudah bugar, kami harap menjaga kebugaran dengan makan makanan sehat dan olahraga rutin," kata dia.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kata Denik, ada prosedur khusus yang wajib dijalani oleh calhaj, yakni tetap menjaga protokol kesehatan dan menyelesaikan vaksinasi hingga tahap vaksin penguat. "Harapannya, seluruh calon haji sehat dan bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan baik," katanya.

Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelaksanaan ibadah haji  2022 bagi jamaah dari luar negeri, termasuk dari Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini