Ahad 03 Apr 2022 11:31 WIB

Kepadatan Tanah Suci di Ramadhan Pertama Luar Biasa

Kepadatan tanah suci di Ramahan 2022 sudah terasa sejak Bandara Jeddah

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Subarkah
Tarawih malam pertama di Masjidil Haram.
Foto: Saudigazette
Tarawih malam pertama di Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Jamaah umroh dari seluruh dunia Telah memadati tanah suci Makkah dan Madinah untuk beribadah umroh di bulan Ramadan. Suasana itu disampaikan langsung Plt Sekretaris Jenderal Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh) Tri Winarto yang saat ini berada di Tanah Suci.

"Marhaban ya Ramadhan umat Islam seluruh dunia terus berdatangan ke tanah suci Makkah maupun Madinah tak terkecuali jamaah Indonesia," kata Tri Winarto berbagi pengalamannya puasa pertama di Tanah Suci kepada Republika, Ahad (3/4/2022).

Di menceritakan kepadatan sudah terlihat mulai dari bandara. Semua maskapai penerbangan yang khusus membawa jamaah umroh terlihat penuh membawa penumpang umroh dari seluruh dunia termasuk Indonesia. 

"Kepadatan yang sudah memenuhi pesawat-pesawat yang terbang dari Indonesia dari berbagai maskapai baik yang landing di Jeddah untuk menuju Mekkah maupun yang landing di Madinah untuk memulai umroh dari kota Madinah," katanya.

Tentu kondisi ini tidak terlihat pada dua tahun kebelakang, karena Arab Saudi masih menutup rapat pintu kedatangan internasional termasuk pintu umroh. Arab Saudi menutup pintu masuknya ini sebagai ikhtiar memutus mata rantai Covid-19 yang terjadi di seluruh belan dunia.

Kini, dua tahun telah berlalu, Arab Saudi telah percaya diri membuka pintu masuk internasional untuk jamaah umroh. Karena inilah kepadatan di Tanah Suci terjadi.

"Kepadatan luar biasa pada high season umroh di bulan Romadhan tampak jelas ketika jamaah umroh sudah memulai kegiatannya di kota Madinah maupun Kota Makkah," katanya.

Tri mengatakan Arab Saudi memulai puasa Ramadhanya tahun 1443 pada tanggal 2 hari Sabtu, sama dengan masyarakat  Muhammadiyah di Indonesia, mulai puasa hari Sabtu.

"Sebagaimana kita tahu Saudi sudah memulai puasa Ramadan tahun ini 1443 di hari Sabtu," katanya.

Sehingga kata dia, pada malam di hari Jumat tanpak jelas ada peningkatan aktifitas yang luar biasa padat baik di Masjid Nabawi maupun di Masjidil Haram memenuhi masjid. Saat ini umat Islam dunia dan juga jamaah-bamaah umroh dari Indonesia yang sudah memenuhi masjid menyambut datangnya bulan suci Romadhon dengan melaksanakan salat Tarawih di Masjid Nabawi maupun di Masjidil Haram di Kota Makkah Al Mukaromah.

"Itu hasil reportase terkini dari kota Mekah al-mukarramah dan Madinah Al Munawaroh Marhaban Ya Romadhon," kata Tri menutup laporannya.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement