Senin 04 Apr 2022 14:14 WIB

Saudi Pastikan Pasokan dan Harga Makanan Aman Selama Ramadhan

Saudi memastikan pasokan dan harga makanan aman selama Ramadhan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
foto udara tersedia pada 24 Agustus 2011 menunjukkan masjid agung di kota suci Mekah selama sepuluh hari terakhir Ramadhan, Arab Saudi, 21 Agustus 2011.
Foto: EPA/SUZAN ESKANDAR
foto udara tersedia pada 24 Agustus 2011 menunjukkan masjid agung di kota suci Mekah selama sepuluh hari terakhir Ramadhan, Arab Saudi, 21 Agustus 2011.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Saudi bulan lalu menyebut meskipun harga makanan dan minuman naik tipis dalam beberapa bulan terakhir, tidak akan ada kekurangan kebutuhan dasar. Hal ini terjamin berkat keragaman sumber impor global Kerajaan Saudi.

Lebih lanjut, mereka mengatakan konflik Ukraina tidak memiliki dampak negatif di pasar lokal atau pasokan, karena pengalaman Arab Saudi dalam menangani krisis yang melanda dunia.

Baca Juga

Dilansir di The National News, Sabtu (2/4/2022), terlepas dari keamanan rantai pasokan, tingkat inflasi naik menjadi 1,6 persen pada Februari dari 1,2 persen pada bulan sebelumnya. Hal ini menduduki level tertinggi sejak Juni tahun lalu.

Departemen Pusat Statistik & Informasi (GSTAT) menyampaikan, harga makanan dan minuman naik sebesar 2,4 persen pada Februari, dibandingkan dengan 2 persen pada Januari, terutama karena lonjakan 9,7 persen pada harga sayuran.

 

Menurut pedagang Saudi, dua item yang mengalami kenaikan harga terbesar sebelum Ramadhan adalah kopi dan rempah-rempah, yang keduanya sangat diminati selama bulan suci. Selain itu, rempah-rempah naik 5-6 persen dan kopi Arab tradisional naik tajam 30 persen.

Seorang manajer supermarket, Talal Mohammed, menyebut kebutuhan Ramadhan lainnya, seperti tepung, minyak dan gula, kemungkinan akan tetap stabil selama Ramadhan. “Pasokan bagus, kami tidak mengalami kekurangan atau penundaan yang signifikan. Kami berharap harga tetap stabil selama sebulan penuh," ucap dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement