Senin 11 Apr 2022 13:31 WIB

Alkohol Boleh Diminum untuk Pengobatan?

Apakah boleh memanfaatkan alkohol untuk pereda nyeri dibanding obat lain.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Manfaat jika tidak minum alkohol (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Manfaat jika tidak minum alkohol (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Apakah boleh memanfaatkan alkohol untuk pereda nyeri dibanding obat lain. Melansir laman aboutislam.net, Senin (11/4/2022), Dar Al-Ifta Al-Misriyyah menyatakan Islam melarang alkohol karena sifatnya yang memabukkan yang menghasilkan efek depresi pada sistem saraf pusat yang menyebabkan berbagai gangguan mental.

Karena ritual keagamaan terkait dengan kesehatan kemampuan intelektual seseorang, setiap gangguan di area ini akibat konsumsi minuman beralkohol atau obat-obatan non-medis dilarang dalam Islam.

Baca Juga

Efek samping alkohol seperti penghilang rasa sakit atau ketegangan adalah produk sampingan dari minum dan efek menenangkan ini menimbulkan banyak risiko kesehatan yang berbahaya.

Alkohol tidak diproduksi untuk tujuan penyembuhan dan tidak dapat digunakan untuk perawatan medis. Dilarang mengganti obat penenang dengan alkohol dengan alasan memiliki efek menenangkan yang sama karena obat penenang terutama dibuat untuk mengurangi rasa sakit sedangkan obat penenang tidak. 

 

Oleh karena itu, penggunaan obat penenang tidak sama dengan mengkonsumsi alkohol karena obat digunakan untuk menyembuhkan tubuh dengan sedikit efek samping yang tidak disengaja atau tanpa efek samping yang tidak dapat dikatakan untuk alkohol dan obat-obatan. Oleh karena itu, konsumsi alkohol sangat dilarang.n

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement