KNEKS akan Luncurkan Masterplan Industri Halal 2022

Kamis , 14 Apr 2022, 21:28 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kawasan industri halal. Ilustrasi
Kawasan industri halal. Ilustrasi

Saat ini, kata dia, ada beberapa potensi ekosistem islam dalam jumlah besar yang bisa disasar untuk meningkatkan penyaluran pembiayaannya. Misalnya, ada 267 ribu masjid menurut data Kementerian Agama dan 164 Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS).Ada pula lembaga pendidikan, sepeti sekolah islam yang berjumlah 47 ribu dan pondok pesantren sebanyak 27 ribu.

 

Terkait

Kemudian, para Jemaah Haji yang dalam keadaan normal bisa mencapai 250 ribu dan Jemaah Umroh yang kira-kira mencapai 1,5 juta."Kita juga sedang membangun hubungan dengan Baznas untuk membangun ekosistem zakat sodaqoh lebih kuat," kata Anton.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah provinsi (pemprov) yang berhasil mengembangkan potensi ekonomi syariah di daerahnya, KNEKS pun menginisiasi pemberian Anugerah Adinata Syariah 2022. Bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Ikatan Ahli Ekonomi Indonesia (IAEI), Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Infobank, KNEKS melakukan penilaian sepanjang tahun 2021.

Untuk Anugerah Adinata Syariah 2022, ada tujuh kategori yang dilakukan penilaian, yakni kategori keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah, keuangan mikro syariah, pendidikan ekonomi syariah, pemberdayaan ekonomi pesantren, serta sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan.Ada sembilan pemprov yang dinobatkan sebagai pemenang di tujuh kategori tersebut yaitu:

1. Pemprov Nanggroe Aceh Darussalam

2. Pemprov Jabar

3. Pemprov Riau

4. Pemprov Jateng

5. Pemprov DKI Jakarta

6. Pemprov Jatim

7. Pemprov Sumbar

8. Pemprov Sumsel

9. Pemprov DIY