Kamis 28 Apr 2022 13:20 WIB

Robot untuk Bantu Membersihkan Kompleks Masjidil Haram

Robot-robot juga digunakan untuk mendisinfeksi Masjidil Haram.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Robot membantu mendesinfeksi dan mensterilkan Masjidil Haram setiap saat.
Foto: Arab News
Robot membantu mendesinfeksi dan mensterilkan Masjidil Haram setiap saat.

IHRAM.CO.ID MEKKAH -- Otoritas dua Masjid Suci memanfaatkan penggunaan robot pintar untuk membantu membersihkan kompleks Masjidil Haram.  Mohammed Al-Jabri, Sekretaris Jenderal Badan Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan mengatakan, robot-robot juga digunakan untuk mendisinfeksi Masjidil Haram demi keselamatan dan kesehatan jamaah. Ini merupakan bagian dari tindakan pencegahan untuk memastikan lingkungan yang sehat dan aman bagi peziarah untuk melakukan ritual mereka.

Ia menyebut, ada pengawasan konstan operasi desinfeksi dan sanitasi, serta transportasi dan layanan lain yang disediakan di gerbang Masjidil Haram. Masjid dikatakannya memiliki 25.000 karpet, sementara sekitar 4.000 pekerja pria dan wanita dan 11 robot pintar dipekerjakan untuk mendisinfeksi dan membersihkan situs sepanjang waktu.

Baca Juga

"Badan tersebut menggunakan lebih dari 840 peralatan dan mesin untuk memurnikan dan membersihkan Masjidil Haram.  Ini juga menindaklanjuti operasi pencegahan dan pengendalian infeksi lingkungan dengan menugaskan beberapa tim untuk membersihkan semua area Masjidil Haram, termasuk halaman luar, toilet, lantai dan karpet, "ujarnya dilansir dari Arab News, Selasa (26/4/2022).

"Ada 8.000 kereta golf listrik dan biasa untuk melayani peziarah, termasuk 5.000 kereta biasa dan hampir 3.000 kereta listrik, yang disinfeksi sebelum dan sesudah digunakan,"tambahnya.

Dia juga menjelaskan, untuk memastikan pergerakan jamaah yang lancar dan terorganisir, badan itu telah menugaskan pengawas di masing-masing dari 150 pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, dan membimbing mereka ke area sholat dan titik masuk dan keluar yang berbeda di Masjidil Haram.

Staf keamanan juga telah ditempatkan di sekitar masjid untuk memastikan bahwa jemaah tidak terganggu oleh orang lain yang melakukan kegiatan terlarang, seperti merokok, menjual barang atau mengemis.

“Badan telah melengkapi area dengan semua layanan yang diperlukan, termasuk wadah air Zamzam, AC, lemari untuk salinan Alquran, sound system, sistem pencahayaan, karpet, toilet, selain mengoperasikan banyak  eskalator yang mengangkut jamaah dan lansia ke semua lantai yang tersedia,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement