Sabtu 07 May 2022 22:00 WIB

Erick Thohir Berharap Pesantren Jadi Mercusuar Peradaban dan Penggerak Ekonomi Umat

Pesantren bukan hanya berfungsi sebagai mercusuar peradaban.

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Agung Sasongko
Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir
Foto: Republika TV
Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, Erick Thohir

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menilai pondok pesantren bukan hanya berfungsi sebagai mercusuar peradaban, akan tetapi dapat berkembang menjadi salah satu motor penggerak ekonomi umat.

Faktor yang menjadi dasarnya adalah Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia memiliki lebih dari 25 ribu Pondok Pesantren yang menjadi rumah dan sekolah bagi sekitar 4 juta santri.

 

Dengan jumlah yang sedemikian besar itu wajar saja kalau Erick Thohir menilai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang terbalut dalam persatuan bangsa dapat terwujud, khususnya di lingkungan pesantren.

 

Guna mewujudkan cita-cita itu, Erick Thohir berkomitmen merancang sejumlah program di BUMN yang dapat dioptimalkan, khususnya oleh kalangan pesantren agar memiliki kemandirian ekonomi.

 

"Hal ini mutlak dilakukan mengingat Indonesia sedang kelimpahan bonus demografi, di mana banyak angkatan usia muda kini tengah berjibaku menempuh pendidikan di lingkungan pesantren," ujar Erick saat bersilaturahmi dengan para kiai dan alim ulama se-Pasuruan Raya, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022).

 

Erick berpikir, kelak mereka ini yang akan menjawab tantangan persoalan bangsa di masa mendatang.Menurut Erick, kunci untuk mewujudkan kesejahteraan bersama, baik secara sosial dan ekonomi adalah solidaritas, jika solidaritas sudah terjalin kuat, Pesantren dapat menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan umat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement