Petugas Kesehatan Haji Diminta Tetap Peduli Pandemi

Rabu , 11 May 2022, 06:10 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Petugas Kesehatan Haji Diminta Tetap Peduli Pandemi. Foto:  Memakai Batik Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nurgraha, bersama Kapuskes Haji Budi Sylvana saat mendapingi prescon Kepala Lakespra Marsma TNI dr.Swasono  SP THT dan Sesdiskesau Kolonel Kes dr.Djarot SpKj.
Petugas Kesehatan Haji Diminta Tetap Peduli Pandemi. Foto: Memakai Batik Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nurgraha, bersama Kapuskes Haji Budi Sylvana saat mendapingi prescon Kepala Lakespra Marsma TNI dr.Swasono SP THT dan Sesdiskesau Kolonel Kes dr.Djarot SpKj.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nurgraha meminta petugas kesehatan haji tetap waspada dengan kondisi pandemi. Hal itu disampaikan Kunta saat upacara pembukaan pembekalan kepada peserta pelatihan petugas penyelanggara ibadah haji Arab Saudi di Lakespra, dr Saryanto, Selasa (10/5/2022). 

 

Terkait

"Kita juga harus sadari bahwa ibadah haji ini diselenggarakan dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih ada," kata Kunta.

Baca Juga

Kunta mengatakan, sikap patuh terhadap protokol kesehatan perlu terus dijalankan. Meskipun saat ini laju penularan Covid-19 mulai terkendali dan menunjukan penurunan.

"Namun kita tidak boleh lengah," katanya.

Para petugas kesehatan perlu terus memingkatan pelayanan kesehatan promotif dan preventif. Caranya dengan memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan, pemahaman pola hidup yang sehat.

"Dan mengenali kondisi kesehatan perlu kita lakukan agar jamaah haji dapat menjaga kesehatannya secara mandiri," katanya.

Selain itu kata Kunta, pelayanan kuratif dan rehabilitatif oleh tenaga petugas kesehatan haji perlu ditingkatkan. Hal ini agar para petugas kesehatan lebih sigap dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah. 

Pada kesempatan ini, Kunta sampaikan terima kasih kepada Lakespra dan Pusat Kesehatan haji yang telah membangun komunikasi untuk bekerja sama membuat pelatihan. Di mana kerjasama ini terakhir dilaksanakan pada tahun 1998.

"Saya sangat berterimakasih kepada Lakespra. Sudah lama kita tidak berkolaborasi dengan Lakespra sejak tahun 1998 dan ini kita mulai lagi melakukan kerja sama dengan Lakespra," katanya.

Dia berharap, para peserta mengikuti materi pelatihan yang disampaikan dokter-dokter ahli di Lakespra dr Saryanto. Pelatihan ini penting dilakukan untuk menumbuhkan semangat dalam pelayanan kepada jamaah haji.

"Ada banyak para narasumber, para ahli di bidangnya. Saya harap bapa ibu peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan sebaik baiknya," katanya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini