Kemenag: Persiapan Haji Indonesia di Saudi Sedang Berjalan

Rabu , 11 May 2022, 21:21 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) sedang menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 1443 Hijriyah/ 2022 M di dalam negeri dan luar negeri. Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Nasrullah Jassam, menyampaikan bahwa proses persiapan haji Indonesia di Arab Saudi sedang berjalan.

 

Terkait

Nasrullah mengatakan, semua persiapan haji di Arab Saudi sedang dalam proses. Kontrak pemondokan sedang berjalan, baik di Makkah maupun di Madinah. "Layanan yang sifatnya mandatori untuk persyaratan sebagai penerbitan visa juga sudah jalan," kata Nasrullah saat dihubungi Republika, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, komunikasi dengan pihak Arab Saudi terkait dengan layanan-layanan seperti fast track, masyair dan armina sudah berjalan. Pembantu staf teknis haji (STH) juga sedang tanda tangan kontrak dengan beberapa pemilik hotel.

Ia menegaskan, prinsipnya di waktu yang mepet ini pemerintah Indonesia bisa terus intens komunikasi dengan pihak-pihak Arab Saudi. Untuk menyelesaikan hal-hal yang sifatnya mandatori.

"Saya sendiri dapat update setiap hari dari teman-teman, seperti hari ini mereka sudah bertemu dengan muassasah yang ada di Madinah," ujar Nasrullah.

Nasrullah menambahkan, besok malam akan berangkat ke Jeddah. Nanti akan memberikan informasi terbaru terkait persiapan haji.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) dan PT Garuda Indonesia hari ini menandatangani perjanjian pengangkutan udara jamaah haji reguler 1443 H/ 2022 M. Perjanjian ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Hilman Latief dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Kedua belah pihak sepakat terkait pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi.

"Garuda akan menerbangkan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi, yaitu: Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok," kata Hilman melalui pesan tertulis kepada Rabu (11/5/2022).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini