Gubernur Sumbar Harap Konsumsi Jamaah Haji Berasal dari Produk UMKM Lokal

Kamis , 19 May 2022, 19:29 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Ani Nursalikah
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Gubernur Sumbar Harap Konsumsi Jamaah Haji Berasal dari Produk UMKM Lokal
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Gubernur Sumbar Harap Konsumsi Jamaah Haji Berasal dari Produk UMKM Lokal

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi menilai produk-produk lokal, khususnya dari Sumbar tidak kalah bersaing dengan produk-produk impor. Produk impor, menurutnya, sebagian masih menjadi bahan konsumsi bagi jamaah haji.

 

Terkait

Menurut Mahyeldi, produk-produk lokal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Sumbar dapat menjadi menu konsumsi untuk jamaah haji saat perjalanan di penerbangan maupun saat di Tanah Suci.

Baca Juga

"Menu dapat dimanfaatkan dari Sumbar, kalau bersaing kita nanti bisa ikut tender di Garuda," kata Mahyeldi usai Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang Tahun 1443 H/2022M di Asrama Haji Tabing Padang, Kamis (19/5/2022).

Ia menilai, banyak peluang yang akan ditangkap jika produk lokal bisa masuk ke pasar haji dan umroh. Mahyeldi meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian bergerak cepat agar beras yang akan dikonsumsi jamaah haji adalah beras asli Sumbar.

"Kita dari provinsi, peluang-peluang itu dapat kita optimalkan dalam rangka untuk mendorong percepatan perekonomian kita dengan membawa peluang dari UMKM dan produk-produk kita dari Sumbar bisa dipergunakan di embarkasi ini," ujar Mahyeldi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini