Gladi Posko Petugas Haji, Jamaah Tersesat Hingga Bus 'Nyasar'

Sabtu , 21 May 2022, 09:14 WIB Redaktur : A.Syalaby Ichsan
Gladi Posko Petugas Haji
Gladi Posko Petugas Haji

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Calon Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi  mengikuti gladi posko di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (18/5). Gladi posko tersebut merupakan simulasi integrasi untuk penyelenggaraan ibadah haji 2022 untuk tiga daerah kerja yakni Madinah (Gelombang 1), Makkah (Gelombang 2) dan Bandara Jeddah. 

 

Terkait

Kasubdit Bina Petugas Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Suvianto menjelaskan, gladi ini diikuti oleh peserta pembekalan bimbingan dan teknis (Bimtek) PPIH Arab Saudi 1443/2022 yang berjumlah 828 orang.  Menurut Suvianto, gladi tersebut merupakan pengejewantahan dari materi-materi bimtek yang diberikan sejak Selasa (17/5).

photo

Gladi Posko Petugas Haji/Kasubdit Suvianto - (Ist)

 

Dia berharap, gladi ini bisa membuat para peserta semakin memahami tugasnya masing-masing mengingat mereka sudah akan bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsingya masing-masing. “Waktu kita sedikit. Lewat gladi posko ini kita berharap mereka bisa memahami tugas-tugasnya,”ujar Suvianto di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu (21/5). 

Gladi posko ini akan dibagi menjadi tiga babak. Pertama, yakni kedatangan gelombang 1 dimana para jamaah akan datang melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah. Para petugas sektor menyiapkan tugas dan fungsinya masing-masing saat jamaah datang. Mereka yang terdiri dari sektor perlindungan jamaah, transportasi, akomodasi, kesehatan, pelayanan umum, hingga siskohat harus memahami tugasnya masing-masing ketika jamaah datang. Salah satu kasus yang harus dihadapi petugas yakni ketika ada salah satu bus yang datang ke pemondokan di Madinah tetapi langsung ke Masjid Nabawi, bukan ke pemondokan. Petugas terkait pun harus menyelesaikan kasus tersebut. 

Setelah itu, gladi posko memasuki babak ke dua dimana jamaah gelombang 2 datang melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Layaknya petugas sektor di Daker Madinah, para petugas haji yang bertugas di Daker Makkah juga harus melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Gladi posko kemudian berlanjut ke simulasi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Momentum puncak peristiwa haji yang digelar pada 8-13 Dzulhijjah ini juga akan disimulasikan pada gladi posko. Semua daker dari Makkah, Madinah, Bandara (Jeddah) akan terlibat dalam prosesi puncak haji ini. “Alur Armuzna dari Makkah ke Arafah, Muzdalifah, Mina hingga kembali lagi ke Makkah,”jelas dia. 

photo

Gladi Posko Petugas Haji - (Dok Kemenag)

 

Suvianto mengakui panitia menghadapi tantangan terbesar dalam bimtek kali ini adalah banyaknya petugas yang belum berhaji. Terlebih, ujar dia, haji kali ini merupakan haji pertama setelah pandemi. Menurut dia, jamaah akan memiliki antusiasme yang tinggi terhadap haji tahun ini. Untuk itu, Suvianto menjelaskan, pihak panitia sudah punya belanja masalah yang akan dihadapi oleh para petugas di Arab Saudi. “Ada soal kehilangan uang, tersesat, lupa pulang ke akomodasinya,”jelas dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini