Maskapai PIA Operasikan Penerbangan Haji dari Delapan Kota

Rabu , 25 May 2022, 06:00 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
 Maskapai PIA Operasikan Penerbangan Haji dari Delapan Kota. Foto:   Maskapai Penerbangan International Pakistan (PIA)
Maskapai PIA Operasikan Penerbangan Haji dari Delapan Kota. Foto: Maskapai Penerbangan International Pakistan (PIA)

IHRAM.CO.ID,RAWALPINDI -- Maskapai penerbangan asal Pakistan, Pakistan International Airlines (PIA), mengumumkan rencana memulai penerbangan haji dari delapan kota utama ke tujuan Arab Saudi, termasuk Jeddah dan Madinah. Penerbangan akan dilakukan dari 31 Mei hingga 13 Agustus.

 

Terkait

Hal tersebut disampaikan manajemen PIA saat memberikan pengarahan kepada Menteri Penerbangan Khawaja Saad Rafique, tentang operasional maskapai, termasuk promosi pariwisata.

Baca Juga

Juru bicara PIA, Abdullah Hafeez Khan, mengatakan dalam pembahasan bersama itu disampaikan pula soal operasional haji, promosi pariwisata, penerbangan ke destinasi baru dan rencana perluasan armada maskapai.

Dilansir di Dawn, Selasa (24/5/2022), ia mengatakan PIA akan mengoperasikan penerbangan haji dari delapan kota besar, yaitu Karachi, Lahore, Islamabad, Faisalabad, Sialkot, Multan, Peshawar dan Quetta ke Jeddah dan Madinah. PIA akan mengoperasikan 297 penerbangan haji hingga 13 Agustus nanti.

Menteri Penerbangan lantas memerintahkan akuisisi satu Boeing 777 dan satu Airbus 320 dari penyimpanan kayu untuk tujuan ini. Terkait armada operasional PIA dan rencana perluasan armada, disampaikan maskapai sedang dalam proses melantik empat pesawat A320 dalam armadanya.

Tak hanya itu, disampaikan pula satu armada A320 telah bergabung dengan armada PIA. Nantinya, pesawat ini akan menjadi bagian dari operasi penerbangan setelah menyelesaikan operasional haji, dengan pesawat lain akan bergabung pada akhir bulan ini.

Dalam pertemuan yang sama, Menteri Penerbangan juga menginstruksikan pejabat PIA untuk mengoperasionalkan pesawat yang di-grounded guna meningkatkan operasionalnya. Dia membahas opsi peningkatan penerbangan ke Nafaj dan Damaskus.

Sementara itu, Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan (CAA) menyampaikan telah mengambil langkah-langkah untuk lebih meningkatkan ruang wudhu dan tempat ibadah. Mereka berupaya menyediakan fasilitas yang lebih baik bagi jamaah haji saat di bandara.

Seorang juru bicara CAA mengatakan renovasi tempat shalat di ruang tunggu di Bandara Karachi, Islamabad, Lahore dan Multan telah selesai.

"Berdasarkan arahan dari menteri penerbangan, tempat-tempat yang dialokasikan untuk jamaah di bandara sedang ditingkatkan lebih lanjut," kata juru bicara CAA.

Renovasi tempat shalat di ruang tunggu yang dilakukan di Bandara Sialkot, Gilgit dan Chitral juga dikabarkan telah rampung.  

Sumber:

https://www.dawn.com/news/1691244/pia-to-operate-haj-flights-from-eight-cities

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini