Gusmen: Setelah Subuh, Suhu di Saudi Sudah 40 Derajat

Rabu , 25 May 2022, 15:30 WIB Redaktur : A.Syalaby Ichsan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta agar calon jamaah haji mengantisipasi panasnya suhu di Arab Saudi. Terlebih, suhu di Tanah Suci akan semakin meningkat saat memasuki puncak haji.  Menurut dia, suhu saat ini sudah mencapai 40-46 derajat Celcius. Setelah Subuh pun, ujar menag, cuaca bisa mencapai 40 derajat Celcius.  Dia menjelaskan, cuaca seperti ini akan terjadi hingga tujuh tahun ke depan. 

 

Terkait

“Saya jalan-jalan olahraga pagi disana suhunya 40 derajat habis Subuh. Siang sedikit 44-46 derajat.Saya bertemu dengan Menteri Haji Saudi. Beliau mengatakan ini belum puncak. Diperkirakan puncak haji bisa sampai 50 derajat. Tapi perkiraan itu mudah-mudahan meleset karena kan perkiraan,”ujar Menag saat menyampaikan materi kepada tim Media Center Haji (MCH) di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (25/5). 

Dia menjelaskan, tantangan terbesar memang ada di Makkah karena jamaah relatif sering berada di tempat terbuka, khususnya saat prosesi Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Untuk di Madinah, dia menjelaskan, tidak terlalu menjadi masalah mengingat jamaah hanya beribadah dari ruangan ke ruangan, seperti dari kamar hotel ke masjid.

“Hotel ke masjid tak jauh. Paling jauh 500 meter dari masjid dan tidak terlampau jauh. dan ini saya sudah coba jalan dari masjid yang tidak terlalu panas. Postur tubuh saya yang begini ke raudah tidak capek. Saya masih sanggup artinya untuk jamaah 65 tahun ke bawah jamaah ini tidak terlalu masalah, jelas dia.

Menurut dia, jamaah perlu menyiapkan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi teriknya cuaca di Saudi, khususnya terkait fisik dan mental. Menteri yang akrab disapa Gusmen ini menjelaskan, bagian tubuh yang pertama kali terserang panas adalah wajah. Karena itu, dia mengimbau jamaah untuk menyiapkan spray khusus untuk disemprotkan ke wajah. Jamaah pun diimbau untuk mengonsumsi air secukupnya dan vitamin yang cukup.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini